Cuci Tangan Bukan Hanya Sekedar Basah – Simak Caranya Berikut

Scroll down to content

Tangan merupakan sumber penyebaran kuman tersebar untuk tubuh. Tangan kita merupakan anggota tubuh yang selalu aktif dan selalu bersentuhan dengan kotoran. Salah saut upaya efektif untuk menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan. Mencuci tangan merupakan hal yang paling mudah untuk dilakukan demi menjauhkan diri dari kuman. Kuman penyakit dapat menular dari satu ke yang lain melalui tangan kotor. Badan kesehatan dunia atau WHO juga menyatakan bahwa tangan merupakan jalur utama masuknya kuman penyakit. Mencanangkan gaya hidup sehat dengan membiasakan diri untuk mencuci tangan akan mengurangi dan mencegah timbulnya penyakit.

Biasanya yang dapat ditularkan dengan tangan kotor adalah pilek, batuk, dan diare. Mencuci tangan pun tidak semudah hanya membasahi tangan, karena tangan yang masih kotor tidak akan lepas dari bakteri dan kuman. Apalagi dengan maraknya virus corona yang sedang mewabah di dunia, tangan harus dicuci dengan sabun agar kuman-kuman tersebut pergi tidak menempel lagi.  Untuk kamu yang belum mengetahui faktanya, setiap tanggal 15 Oktober diperingati Hari Cuci Tangan Sedunia loh!

Berikut ada langkah-langkah mencuci tangan dengan benar :

  1. Cucilah tangan sebelum dan sesudah makan, menyentuh uang, setelah dari kamar mandi dan setelah melakukan aktifitas lainnya sampai dengan menjelang tidur. Karena setiap benda yang kita pegang, tidak luput dari kuman dan bakteri
  2. Mencuci tangan harus dilakukan dengan sabun pencuci tangan yang mengandung alkohol untuk membasmi bakteri dan kuman di tangan.
  3. Gosokkan kedua tangan dengan sabun antibakteri, ratakan sabun tersebut ke sela-sela jari, kuku smapai ujung jari, punggung tangan dengan gerakan memutar selama kurang lebih 15-20 detik.
  4. Bilas tangan dengan air yang mengalir dan keringkan tangan dengan kain atau tissue bersih.
  5. Jangan mengeringkan tangan menggunakan handuk bekas karena handuk yang digunakan berulang kali mengandung kuman-kuman.

Panduan mencuci tangan ini resmi diberikan oleh Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI) dengan cara yang benar dan sesuai dengan standar Internasional. Sabun cuci tangan yang digunakan, bukan sabun biasa dengan aneka wangi yang beragam, melainkan sabun khusus yang mengandung antibakteri atau antiseptik yang mampu membunuh kuman. Mencuci tangan tidak memerlukan tenaga dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Yuk, kita biasakan diri kita dan ajak orang-orang terdekat membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktifitas. Untuk kamu yang mempunyai anak kecil, ajarkan mereka sejak dini untuk mencuci tangan agar terbiasa di kemudian hari. Dengan mencuci tangan, kita sudah mencegah penyakit untuk tidak mudah masuk ke dalam tubuh kita.

 

Photo by GOOGLE Indonesia

One Reply to “Cuci Tangan Bukan Hanya Sekedar Basah – Simak Caranya Berikut”

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: