Pemakaian Masker Sesuai Fungsi Untuk Hasil Yang Maksimal

Scroll down to content

Masker pelindung sekali pakai sangat berguna bagi setiap orang, terutama untuk menghindari debu, kotoran maupun virus. Setelah dunia digoncang dengan virus covid-19 atau yang lebih dikenal dengan Corona, penjualan masker menjadi meningkat drastis. Seluruh orang berbondong-bondong memborong ketersediaan masker untuk persediaan. Imbasnya, stok masker menjadi langka sehingga menimbulkan harga masker naik drastis. Kejadian ini dimanfaatkan oleh segelintir orang dengan membeli stok persediaan masker dan menjualnya kembali dengan harga yang tidak wajar. Hal ini membuat semua warga menjadi resah, karena tingginya harga masker yang dijual di pasaran. Normalnya, harga masker dengan merek Sensi dijual dengan kisaran harga sekitar Rp 20.000 sampai dengan Rp 30.000 ribu per kotak. Kemudian, karena kelangkaan tersebut, harga masker Sensi saat ini dijual mencapai Rp 350.000 sampai dengan Rp 400.000 per kotak. Selain itu, masker N-95 yang normalnya dijual sekitar harga Rp 350.000 kini dijual mencapai Rp 1.500.000.

Akibat dari kelangkaan ini, warga yang kurang mampu kehilangan daya beli. Presiden RI, Joko Widodo pun secara resmi sudah memerintahkan Kapolri Jenderal Idham Azis mengambil tindakan tergas terkait penimbunan masker dan penjualan masker dengan harga fantastis oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Saat ini, polisi juga sudah menangkap oknum-oknum tersebut di beberapa kota besar untuk ditindak tegas. Presiden juga memberikan peringatan untuk para penjual dengan tidak bermain-main dengan harga diatas musibah yang sedang dialami oleh dunia saat ini.

Masker pelindung sekali pakai dijual dalam berbagai tipe dan harga, sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah poin poin yang harus diperhatikan ketika menggunakan masker. Pemakaian masker yang benar dan sesuai dengan fungsinya akan mendapatkan manfaat yang maksimal. Berikut adalah cara menggunakan masker dengan benar :

  • Pastikan ketika menggunakan bagian depan dan belakang sudah tepat. Bagian depan masker adalah tempat menempelnya tali masker.
  • Lipatan pada masker harus menghadap pada posisi ke bawah. Letak lipatan masker saat dipasang, akan mempengaruhi performa masker.
  • Masker pelindung sekali pakai hanya dianjurkan untuk satu kali pakai setiap harinya dan dibuang setelahnya.
  • Partikel dan debu yang sudah menempel di masker akan berubah menjadi kuman dan penyakit jika digunakan berulang kali. Pastikan Anda menggunakan masker yang bersih setiap harinya

Jika anda menemukan oknum-oknum yang masih menjualnya dengan harga tinggi, silakan laporkan ke pihak yang berwajib untuk ditindas dengan tegas. Semoga informasi ini berguna.

Photo by Alibaba

%d blogger menyukai ini: