Selebgram Rusia Kehilangan Suami Karena Dry Ice atau Es Kering

Scroll down to content

Yekaterina Didenko merupakan seorang selebgram asal Rusia. Setelah menikah dan dikarunia dua orang anak, ia harus rela kehilangan suaminya di hari ulang tahunnya. Tidak hanya suaminya, tetapi juga kedua orang teman dekatnya. Yekaterina memiliki lebih dari 1,5 juta pengikut di media sosial Instagram. Untuk merayakan ulang tahun ke 29 tahun, selebgram ini memasukkan es kering atau dry ice ke dalam kolam berenang. Tujuannya agar menciptakan efek visual seperti asap. Naasnya, bukan gembira yang didapat tetapi duka. Suami dan kedua temannya tersedak dan pingsan seketika lalu berujung pada kematian.

Meskipun judulnya adalah es, benda ini sama sekali bukan untuk dikonsumsi. Tekstur es kering atau dry ice adalah berbentuk padat dan sangat dingin karena melalui proses penyubliman. Apakah beracun? Tentunya tidak. Es kering tidak beracun dan tidak berbahaya, selama tidak bersentuhan langsung dengan kulit manusia. Berikut adalah hal-hal penting yang harus kita ketahui mengenai dry ice atau es kering :

  • Dry ice atau es kering merupakan bentuk padat dari karbondioksida dan sering digunakan untuk menjaga pembekuan.
  • Kontak langsung dengan es kering dapat menyebabkan radang dingin pada kulit. Jika ingin menyentuhnya, disarankan menggunakan sarung tangan insulasi untuk keamanan.
  • Ketika es kering dimasukkan ke dalam air, maka akan menghasilkan uap berat.
  • Uap yang dilepaskan dalam ruangan yang tidak mempunyai ventilasi yang baik, dan terhirup maka akan meningkatkan jumlah karbondioksida dalam darah manusia.

Biasanya, es kering juga digunakan di acara-acara konser untuk menghasilkan efek visual seperti asap di panggung. Asap yang dihasilkan pun tidak seperti asap yang dihasilkan oleh kobaran api. Hal ini dikarenakan karbondioksida (CO2) memiliki massa jenis yang lebih besar dari oksigen (O2) apalagi aula konser biasanya besar dan berventilasi luas, sehingga hal ini sama sekali tidak membahayakan. Penggunaan es kering ini harus dalam pengawasan orang dewasa. Jangan pernah meletakkan dan menyimpan es kering dalam wadah yang tertutup, karena gas yang dihasilkan karbondioksida berpotensi terjadinya ledakan.

Jika ingin menggunakan es kering, simpanlah es tersebut dalam wadah kantong kertas terbuka. Semoga informasi ini dapat berguna sehingga kita dapat menjaga orang-orang terkasih kita agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

%d blogger menyukai ini: