‘I am Generation Equality: Realizing Women’s Rights’ Menjadi Tema Di Hari Perempuan Internasional 2020.

Scroll down to content

Sudah menjadi perkara sejak lama bahwa wanita dan pria memiliki kesenjangan sosial yang berbeda. Hak-hak wanita dalam kehidupan bersosial, lingkungan kerja, hingga berkeluarga, seringkali dianggap tidak sebebas kaum pria. Dalam upaya mendapatkan kesetaraan gender tersebut, salah satu hal yang dilakukan oleh kaum wanita di seluruh dunia adalah dengan merayakan Hari Perempuan Internasional yang pada mulanya diperingati pada 8 Maret 1914. Sampai sekarang, seluruh wanita di dunia kompak memperingati Hari Perempuan Internasional yang jatuh setiap tanggal 8 Maret. Hari Perempuan Internasional diperingati salah satunya untuk menyampaikan aspirasi mengenai masalah kesenjangan yang dialami oleh kaum wanita.

Hari Perempuan Internasional juga bertujuan sebagai seruan bagi kaum wanita untuk memperjuangkan hak-hak mereka. Dalam hal ini, perayaan Hari Perempuan Internasional mengajak kaum wanita di seluruh dunia untuk memperingati pencapaian, sekaligus ajakan dalam mendapatkan kesetaraan gender secara global. Dengan adanya Hari Perempuan Internasional ini, kaum wanita dapat terus memperjuangkan dan menyuarakan keinginan mereka dalam mencapai kehidupan tanpa kesenjangan karena berbeda gender. Perjuangan wanita dalam mencapai kesetaraan gender pun berlangsung tak henti-hentinya sampai sekarang ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya aspirasi yang masih disuarakan oleh kaum wanita di era millennial seperti ini.

Dikutip dari Kumparan.com, pada tahun 2020 ini, salah satu kegiatan menarik yang bisa diikuti oleh para Perempuan Indonesia adalah HeForShe Run 2020. Acara ini diselenggarakan oleh Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) atau Perkumpulan Perusahaan untuk Pemberdayaan Perempuan ini akan dilaksanakan di The Breeze, Bumi Serpong Damai (BSD) pada 8 Maret 2020.  Kegiatan lari ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesetaraan gender dan menggalang dukungan untuk gerakan HeForShe. Gerakan HeforShe adalah kampanye solidaritas yang diinisiasi oleh PBB dengan tujuan mencapai kesetaraan dengan mendorong perempuan dan laki-laki agar memiliki andil sebagai agen perubahan dan mengambil tindakan terhadap stereotip dan perilaku negatif. Rangkaian acara peringatan Hari Perempuan Sedunia ini juga merupakan hasil kerjasama IBCWE dengan UN Women yang tahun ini mengusung tema ‘Saya Generasi Kesetaraan: Menyadari Hak-hak Perempuan’ atau ‘I am Generation Equality: Realizing Women’s Rights.’

Kesetaraan gender telah menjadi perkara yang sulit untuk terselesaikan. Bahkan, hingga saat ini, pro kontra dari pembahasan kesetaraan gender terasa seperti tiada akhir. Namun, dengan adanya perayaan Hari Perempuan Internasional ini, diharapkan bahwa pada akhirnya, adanya diskriminasi pada kaum wanita dapat hilang secara menyeluruh. Segala masalah yang masih dianggap tidak setara antara kaum wanita dan pria hendaknya dapat mencapai jalan keluar yang diinginkan. Dengan begitu, emansipasi wanita dapat didapatkan oleh setiap perempuan di semua negara di seluruh penjuru dunia.

Sumber : diolah dari berbagai sumber

%d blogger menyukai ini: