Ini Dia Bahaya Abaikan Sindrom Kaki Gelisah

Scroll down to content

National Sleep Foundation menyebutkan sindrom kaki gelisah adalah gangguan saraf yang ditandai dengan gerakan kaki di luar kendali saat tidur. Dikenal juga sebagai restless legs syndrome (RLS), sindrom kaki gelisah menimbulkan gangguan tidur dan berdampak jangka panjang lainnya bagi kesehatan.

Masalah ini apabila diabaikan akan berdampak pada metabolisme tubuh dan berakibat pada penyakit kronis yang disebabkan oleh masalah gangguan tidur. Berikut uraiannya seperti dilansir dari Hellosehat.

Penyebab sindrom kaki gelisah saat tidur
Penyebab sindrom kaki gelisah (RLS) belum diketahui secara jelas dan pasti. Namun menurut beberapa penelitian, ada gen tertentu yang diduga berkaitan dengan munculnya gangguan saraf ini. Gen tersebut mendominasi gen normal pada tubuh sehingga berdampak pada timbulnya penyakit.

Selain bersifat genetik, RLS juga bisa muncul bersamaan dengan gangguan kesehatan lain. Studi terdahulu menemukan bahwa RLS lebih banyak ditemukan pada penderita anemia, gagal ginjal, kerusakan saraf tepi, serta orang-orang yang kekurangan zat besi.

Gejala sindrom kaki gelisah juga dapat memicu gangguan tidur pada ibu hamil, tapi gejala biasanya berkurang pada 4 minggu usai melahirkan. Gangguan tidur ini juga ditemukan pada perokok, orang yang mengonsumsi alkohol dan kafein, serta orang yang meminum obat mual dan antidepresan.

Penyakit ini memicu berbagai gerakan berulang. Gerakan yang sering ditemukan yakni membengkokkan ibu jari kaki serta menekuk pinggang, lutut, dan pergelangan kaki. Gerakan ini biasanya muncul saat Anda belum mencapai fase tidur yang dalam.

Beberapa penderita RLS juga dapat mengalami gerakan badan tiba-tiba saat tidur atau ketika terbangun. Gejala ini terkadang tidak hanya terjadi pada kaki, tapi juga wajah, lengan, dada, hingga organ intim.

Sindrom kaki gelisah sendiri sebenarnya merupakan gangguan tidur, tapi penyakit ini juga bisa menurunkan kualitas tidur sehingga menimbulkan masalah tidur lain.Berikut adalah beberapa gangguan tidur yang dapat muncul.

  1. Insomnia
  2. Rasa kantuk berlebih pada siang hari

Sumber : HelloSehat

%d blogger menyukai ini: