Gejala Tumor Tiroid Seperti Radang Tenggorokan? Simak Faktanya

Scroll down to content

Belum lama ini, selebriti Thalita Latief mengungkapkan sesuatu melalui media sosial perihal kesehatannya. Seperti yang telah diutarakan oleh Thalita melalui laman Instagram, dirinya didiagnosa oleh dokter mengidap tumor tiroid stadium 4. Tumor ini diderita Thalita kurang lebih selama 2 bulan. Selama itu pula Thalita melakukan rawat jalan ke rumah sakit dan akhirnya memutuskan untuk melakukan tindakan operasi untuk pengangkatan tumor tersebut. Tiroid atau kelenjar tiroid merupakan organ kecil yang terletak di bagian depan leher dan berbentuk menyerupai kupu-kupu. Fungsi dari kelenjar ini adalah untuk mengatur metabolisme tubuh, tekanan darah, serta membuat otak, jantung, otot dan organ lain bekerja sebagaimana mestinya.

Gangguan pada kelenjar tiroid biasanya akan mempengaruhi aktifitas pada kehidupan sehari-hari. Tumor tiroid sendiri merupakan salah satu penyakit yang jarang terjadi. Gejala dari tumor tiroid sendiri sendiri tidak begitu terasa, sehingga penderita biasanya tidak mengetahui jika mereka mengidap tumor tersebut, apalagi jika kelenjar tiroid tersebut masih berbentuk kecil. Lain halnya, ketika ukuran kelenjar tiroid sudah membesar, biasanya penderita akan mulai merasakan gejala-gejala, sebagai berikut :
1. Terdapat Benjolan di Area Leher
Kelenjar tiroid terletak di bagian depan leher. Biasanya jika muncul benjolan, maka akan langsung terlihat. Benjolan tersebut biasanya akan terus ada, dan harus diwaspadai. Sebaiknya segera konsultasikan hal tersebut langsung ke dokter terkait
2. Tidak Nyaman Saat Menelan Makanan
Benjolan di area leher akan semakin melebar dan membesar. Hal inilah yang mengakibatkan menelan terasa tidak nyaman. Gejalanya hampir sama dengan radang tenggorokan, ketika menelan terasa sakit. Bedanya, jka radang tenggorokan sembuh jika minum obat, maka tidak dengan kelenjar tiroid. Jika sudah merasa tidak nyaman pada tenggorokan dalam waktu cukup lama, itu tandanya kamu sudah harus waspada yah guys!
3. Perubahan Pada Suara
Pita suara manusia letaknya tepat di atas kelenjar tiriod. Maka jika kelenjar tiroid membesar, pita suara pun dapat mengalami perubahan, seperti serak.
4. Sulit Bicara / Bernafas
Gejala ini biasanya terjadi jika sudah memasuki fase stadium lanjut atau sudah menuju ke tingkat yang lebih parah, yaitu kanker. Biasanya penderita stadium lanjut, akan mengalami kesulitan untuk makan, susah untuk bicara, bahkan mengalami gangguan pada sistem pernapasan.
Gejala-gejala tumor tiroid hampir menyerupai penyakit yang sering kita jumpai pada umumnya, seperti radang tenggorokan. Maka dari itu, banyak penderita tumor tiroid sendiri tidak merasa memiliki penyakit tersebut. Jika tidak segera di obati, sel-sel kelenjar tiroid akan berkembang secara cepat dan tidak terkendali dan parahnya bisa menjadi sel kanker tiroid. Jika gejala tersebut berlangsung dalam waktu lama, tentunya itu bukanlah gejala penyakit biasa melainkan gejala penyakit yang dapat mengancam nyawa.

 

Photo : Instagram Thalita Latief

%d blogger menyukai ini: