Kenali Penyakit Flu Babi yang Sempat Jadi Masalah Kesehatan Dunia

Scroll down to content

Penyakit ini serupa dengan influenza yang sempat merepotkan seluruh pemerintahan di dunia pada tahun 1918. Sehingga, penyakit itu sempat dinyatakan sebagai pandemi.

Penyakit ini kembali mewabah di tahun 2009 dan merenggut 149 korban jiwa di Meksiko dan menyerang 1.600 orang lainnya. Sementara di Indonesia terdapat 86 orang positif terkena wabah tersebut pada saat itu.

Kenali Flu Babi
Swine flu atau flu babi adalah penyakit influenza yang disebabkan oleh virus H1N1. Virus ini ditularkan oleh babi kepada manusia, terutama kepada peternak babi dan dokter hewan. Meskipun jarang, orang yang terinfeksi flu babi juga dapat menularkannya kepada orang lain.

H1N1 adalah kombinasi virus dari babi, burung dan manusia. Selama musim flu 2009 sampai 2010 lalu, virus ini menyebabkan infeksi pernapasan pada manusia. Banyak penduduk di dunia sakit karena flu jenis ini, sehingga World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan flu babi sebagai pandemi global.

Gejala Flu babi
Tanda dan gejalanya sulit dibedakan karena mirip dengan virus flu musiman lainnya. Gejala flu babi secara umum berkembang antara satu sampai tiga hari setelah terinfeksi.

Gejala dari flu babi termasuk:
Demam
-Flu, hidung meler atau mampet
-Mata berair dan merah
-Batuk
-Sakit kepala
-Pegal-pegal
-Kelelahan atau keletihan, yang mungkin bisa ekstrem
-Diare
-Mual
-Muntah

Penyebab Flu Babi
Flu babi adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza H1N1. Virus tipe A ini dapat bercampur dengan jenis virus lain dan menciptakan jenis baru yang merupakan penyebab pandemi di tahun 2009 sampai 2010.

Virus H1N1 merupakan virus tipe A dengan gen babi, manusia, dan unggas yang bermetamorfosis pada babi selama beberapa tahun sebelum pandemic. Ini sebabnya dinamai flu babi karena dianggap mirip dengan virus yang menginfeksi babi.

Influenza dapat terjadi pada babi kapan saja, tetapi paling sering terjadi di negara yang memiliki musim gugur (akhir musim) dan musim dingin, yang mirip dengan musim flu manusia.

Berikut dua hal yang menjadi penyebab flu babi:

  1. Melakukan Kontak dengan Babi
    Terkadang babi dapat menularkan flu kepada manusia ketika melakukan kontak dengan hewan ini, seperti melalui percikan bersin, batuk, atau menghirup udara yang terkontaminasi virus flu babi. Virus ini dapat menyebar dengan cepat ketika manusia memiliki kekebalan tubuh yang lemah.
  2. Kontak dengan Orang yang Terinfeksi
    Ini adalah cara yang jauh lebih jarang untuk tertular flu babi, tetapi berisiko terutama bagi mereka yang kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.

Perlu diketahui, bahwa virus H1N1 tidak menular karena memakan daging babi. Meskipun begitu selalu pastikan daging ini dimasak dengan benar.

Sumber : Doktersehat.com
Foto : IStockPhoto

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: