Minum Sambil Berbaring, Dapat Mengakibatkan Otitis Media

Scroll down to content

Telinga memegang peranan penting dalam fungsi pendengaran manusia. Telinga terbagi menjadi tiga bagian, yaitu telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam. Telinga tengah adalah daerah yang dibatasi dengan dunia luar oleh gendang telinga, dan menghubungkan suara dengan alat pendengaran di telinga dalam. Di dalam telinga tengah, terdapat saluran Eustachius yang menghubungkan telinga tengah dengan rongga hidung belakang dan tenggorokan bagian atas. Otitis media merupakah penyakit karena infeksi pada telinga bagian tengah, di rongga belakang gendang telinga. Otitis media biasanya dialami tidak hanya anak-anak, tetapi juga orang dewasa maupun manula.

Penyebab Otitis media sering diawali dengan infeksi pada saluran napas. Jika seseorang terkena radang tenggorokan, batuk atau pilek, bakteri pada penyakit tersebut dapat menyebar ke telinga tengah lewat saluran Eustachius. Bakteri pada saluran Eustachius mampu menyebabkan infeksi dan menyebabkan pembengkakan di sekitar saluran, sehingga menyebabkan lendir yang dihasilkan sel-sel di telinga tengah terkumpul di belakang gendang telinga. Penyakit Otitis media, terbagi dalam 2 tipe, yaitu Otitis Media Akut dimana infeksi telinga karena virus atau bakteri masih dapat diatasi dengan obat-obatan, dan Otitis Media Kronik dimana infeksi tersebut tidak dapat disembuhkan dan menyebabkan telinga tengah bernanah, dan pecahnya gendang telinga tersebut.

Sebagian besar kasus otitis media tidak memerlukan pengobatan khusus dan akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun pada beberapa kasus, dokter akan memberikan obat pereda nyeri dan antibiotik. Jika Otitis media tidak diobati, maka dapat menyebabkan infeksi pada tulang di belakang telinga (mastoiditis), serta infeksi pada selaput otak yang akan mengakibatkan terjadinya gangguan pendengaran secara permanen.

Pencegahan Otitis media dapat dilakukan dengan beberapa cara, sebagai berikut :

  • Berhenti dari kebiasaan merokok
  • Menggunakan masker atau penutup hidung jika udara tidak bersih
  • Untuk anak-anak, lakukan imunisasi lengkap dan rutin
  • Jangan minum sambil tiduran atau berbaring

 

 

Sumber : diolah dari berbagai sumber

Photo by Mom Pampers

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: