Wajib Diketahui – Protokol Penanganan Covid-19

Scroll down to content

Seperti yang kita ketahui, kasus Covid-19 sudah mulai memasuki wilayah Indonesia. Pemerintah pun telah menyusun protokol utama dalam penanganan kasus penyebaran virus Covid-19. Sebagai warna negara yang harus selalu waspada, kita harus mengetahui beberapa protokol tersebut, dan sebagaimana mestinya sudah harus diimplementasikan oleh seluruh orang. Jika anda merasakan tubuh anda sedang tidak sehat, atau sedang demam 38ÂșC, batuk dan pilek, lakukanlah protokol berikut ini :

  1. Jika batuk, pilek dan demam, beristirahatlah yang cukup di rumah. Jika keluhan ini terus berlanjut atau sudah ada tanda sesak pada pernapasan, segera ke Fasyankes (Fasilitas Pelayanan Kesehatan). Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker. Jika tidak memiliki masker, tutuplah hidung atau mulut jika sedang bersin. Hindari kontak tangan dengan siapapun dan usahakan tidak menggunakan transportasi umum.

 

  1. Tenaga kesehatan (nakes) di fasyankes akan melakukan screening suspect Covid-19, apakah anda memenuhi kriteria suspect Covid-19 atau tidak.

 

  1. Jika anda memenuhi kriteria suspect,
  • Anda akan dirujuk ke salah satu rumah sakit rujukan yang siap untuk menangani virus ini.
  • Pengantaran ke RS Rujukan menggunakan ambulans fasyankes didampingi oleh nakes yang pastinya akan menggunakan alat pelindung diri.
  • Di RS rujukan, akan dilakukan pengambilan spesimen untuk pemeriksaan labolatorium dan akan dirawat di ruang isolasi sampai dengan dinyatakan negatif.
  • Spesimen akan dikirim ke Badan Penelitian & Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) di Jakarta dan hasil akan diterima 24 jam setelah spesimen diterima.
  • Jika hasil tersebut positif, anda akan dinyatakan sebagai penderita Covid-19 dan sampel akan diambil setiap hari untuk dipantau.
  • Anda akan dikeluarkan dari ruang isolasi, jika pemeriksaan sampel sebanyak 2 (dua) kali berturut-turut dinyatakan negatif.

 

  1. Jika anda TIDAK memenuhi kriteria suspect, maka anda akan dirawat sesuai dengan penyebab penyakitnya.

 

  1. Jika anda sehat, namun ada riwayat berpergian 14 hari sebelum ke negara yang terjangkit Covid-19 atau pernah merasa kontak dengan penderita Covid-19, segera hubungi Hotline Centre Corona untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut melalui telepon 119 ext 9.

 

Sumber: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: