Cangkok Ginjal Dari Ibunya Sia-sia, Bantu Viara Jalani Cangkok Ginjal Kembali

Scroll down to content

Bisa kamu bayangkan di usianya 15 tahun, dia tidak bisa sekolah, tidak bisa bermain, hanya bisa terbaring lemah memakai oksigen selama 24 jam tanpa lepas. Dialah Viara Hikmatun Nisa, anak belia yang putus sekolah karena harus melakukan cuci darah 3 kali dalam seminggu. Menderita 5 penyakit sekaligus bukanlah hal yang mudah yang bisa dihadapi oleh anak seusia Viara. Viara menderita usus buntu, pelengketan usus, gagal ginjal, lupus, dan gizi buruk. Bahkan di usianya yang masih terbilang muda, ia sudah menjalani operasi sebanyak 10 kali! Operasi itu diantaranya satu kali operasi usus buntu yang sudah pecah, satu kali operasi pelengketan usus, karena operasi pertama yang menyebabkan ususnya menjadi lengket. Parahnya operasi tersebut tidak selesai dalam satu kali melainkan operasi pelengketan tersebut harus sampai empat kali.

Dimana saat operasi yang ke empat, jahitan di perut Viara terlepas sehingga mengakibatkan ususnya terurai keluar. Dokter berusaha untuk menutup kembali perut Viara, namun tidak bisa dan Viara harus mengalami koma selama 50 hari di PICU. Kemudian dokter melakukan operasi penutupan pada perut Viara dengan mengambil kulit paha Viara dan ususnya dipotong hingga 1 meter dan dikeluarkan dari samping perutnya menggunakan kantong kolostomi selama 3 tahun. Setelah operasi penutupan perut, dokter kembali melakukan operasi penyambungan usus pada Viara. Belum selesai dengan operasi usus tersebut, Viara mendapatkan cangkok ginjal dari ibunda nya. Operasi cangkok ginjal tersebut dilaksanakan pada Febuary 2019 silam dan hasilnya nihil.

Ginjal dari ibunda Viara hanya bisa bertahan selama 2 jam saja pada tubuh Viara dan harus kembali dilepas oleh dokter, sehingga ginjal ibundanya menjadi sia-sia. Saat ini, Viara ingin melanjutkan perawatan medisnya kembali dengan melakukan cangkok ginjal ulang, tentunya memakai ginjal orang lain. Kali ini, Viara berharap operasinya dalam berjalan lancar, sehingga dan Viara dapat kembali sehat seperti sedia kala. Banyak Insan Peduli yang akan membantu Viara untuk sembuh dengan donasi di link berikut https://pedulisehat.id/cangkokginjal, tentunya kamu adalah satunya, bukan? Jangan lupa untuk bagikan link berikut, supaya semakin banyak orang yang menolong Viara yah. Kita doakan bersama supaya Viara cepat diberikan kesembuhan dan bisa sekolah kembali.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: