Normalkah Jika Terdapat Benjolan Pada Bayi? Pelajari Mengenai Hemangioma

Scroll down to content

Hemangioma adalah benjolan kemerahan yang tumbuh pada kulit bayi. Benjolan ini terbentuk dari sekumpulan pembuluh darah yang tumbuh tidak normal dan menjadi satu. Biasanya Hemangioma sering muncul di benjolan kenyal berwarna merah yang bisa tumbuh di mana saja, termasuk wajah, leher, kulit kepala, dada, punggung bayi, bahkan pada mati bayi . Hemangioma tidak perlu dikhawatirkan, karena dapat hilang dengan sendirinya, tetapi jika menyebabkan gangguan pada penglihatan dan pernapasan maka perlu segera diobati. Selain di kulit, hemangioma juga dapat tumbuh pada tulang, otot, atau organ di dalam tubuh.  Hemangioma bisa muncul saat lahir atau beberapa bulan setelahnya, lalu tumbuh dengan cepat sampai menonjol di kulit. Kemudian, hemangioma akan menyusut secara perlahan. Sebagian besar hemangioma menghilang saat anak berusia 5-10 tahun. Meskipun demikian, warna kulit pada bekas hemangioma akan tetap berbeda dengan warna kulit di sekitarnya.

Hemangioma bisa pecah atau mengalami luka, dan dapat menyebabkan perdarahan dan infeksi. Selain itu, hemangioma bisa menyebabkan gangguan pada penglihatan, pendengaran, pernapasan, dan kelancaran buang air pada anak, walaupun hal ini jarang terjadi. Jika hal ini sampai terjadi, itu pertanda kamu harus segera bawa anakmu ke dokter terkait. Berikut adalah eberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya hemangioma, yaitu:

  • Berjenis kelamin perempuan
  • Prematur
  • Berat badan rendah saat dilahirkan
  • Mengalami gangguan perkembangan selama dalam kandungan
  • Memiliki kelainan genetik yang diturunkan dalam keluarga

Jika hemangioma menimbulkan gangguan, misalnya gangguan penglihatan atau gangguan pernapasan, serta menimbulkan luka, dokter dapat memberikan sejumlah obat berikut:

  • Untuk hemangioma yang parah, biasanya diberikan obat penghambat beta dalam bentuk minum, seperti propanolol.
  • Kortikosteroid digunakan oleh pasien yang tidak merespons obat penghambat beta. Obat ini dapat diberikan dalam bentuk tablet, oles, atau suntikan langsung ke hemangioma.
  • Obat Vincristine jika hemangioma menyebabkan gangguan pada penglihatan atau pernapasan bayi. Obat ini diberikan melalui suntikan setiap bulan.

Selain dengan obat-obatan, hemangioma dapat ditangani dengan terapi laser, dan digunakan jika ukuran hemangioma cukup besar dan menyebabkan nyeri.

Diolah dari berbagai sumber lainnya

photo by Orami Parenting

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: