Terkait Covid-19, Seluruh Sekolah di DKI Jakarta Resmi Diliburkan

Scroll down to content

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya memutuskan untuk meliburkan seluruh sekolah di lingkungan DKI Jakarta. Keputusan tersebut diambil setelah  berdiskusi dan perwakilan World Health Organization (WHO). Sebanyak 1,5 juta peserta didik di Jakarta akan melaksanakan kegiatan belajar mengajar dari jarak jauh. Anies juga menunda pelaksanaan Ujian Nasional siswa kelas XII yang seharusnya akan dilaksanakan pada Senin (16/3). Keputusan ini berlaku selama 2 pekan, dimulai dari Senin (16/3) dan akan ditinjau kembali kemudian dikahir pekan kedua untuk dilihat perkembangannya. Meskipun berdasarkan data, anak-anak jarang terjangkit Covid-19, tetapi untuk pencegahan tertularnya dari orang dewasa. Maka dari itu, Pemprov DKI memutuskan untuk menutup aktivitas pendidikan di sekolah.

Selain itu kegiatan belajar mengajar yang melibatkan orang dewasa seperti proses antar jemput dan mobilitas lainnya menjadi salah satu potensi adanya penyebaran Covid-19, dari orang dewasa satu ke orang dewasa lainnya. Anies juga mengatakan bahwa dengan adanya penutupan ini, Jajaran Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan menyiapkan materi belajar dengan metode jarak jauh yang akan diberikan kepada guru, siswa, serta orangtua yang kemungkinan bahan akan selesai sebelum hari Senin depan. Antisipasi ini bahkan sudah dilakukan oleh Pempov DKI jauh-jauh hari sebagai persiapan. Ketika keputusan ini dibuat, maka seluruh persiapan yang telah dilakukan sebelumnya hanya tinggal dilaksanakan.

Langkah yang diambil oleh Prempov DKI Jakarta adalah sudah sesuai dengan semua prosedur, yakni dengan mengurangi interaksi antar warga. Dimana kegiatan belajar mengajar selalu melibatkan orang dewasa untuk mengajar, antar jemput dan mobilitas. Hal ini menekan potensi interaksi antar sesama dan mobilitas penduduk ditekan sekecil mungkin untuk mengurangi potensi penyebaran antar individu. Tidak hanya sekolah, sebelumnya beberapa tempat tujuan wisata pun sudah ditutup untuk umum dan akan dibersihkan dengan disemportkan cairan disinfektan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: