Dikaitkan Dengan Menhub, Gubernur Ridwal Kamil Menjalani Pemeriksaan Corona

Scroll down to content

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terkena Covid-19. Hal ini diumumkan pemerintah pada Sabtu (14/3/20). Setelah dinyatakan positif, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional juga melakukan pemeriksaan terkait corona, mengingat Menhub pernah menghadiri Rapat Terbatas Kabinet pada 11 Maret 2020 sebelumnya, dan sudah dinyatakan negatif. Sementara itu, Menhub Budi Karya menjadi pasien ke 76 dan sedang dirawat di RSPAD Gatot Subroto. Menhub sendiri sudah 2 pekan terakhir tidak menghadiri banyak kegiatan, baik di Kemenhub maupun Istana Kepresidenan. Menhub sendiri diketahui menyambut 69 ABK Diamond Princess di Bandara Kertajati, Jawa Barat pada 2 Maret 2020.

Tim yang merawat Menhub Budi Karya di RSPAD menyatakan bahwa Menhub sudah menunjukkan tanda-tanda perbaikan. Awalnya Menhub dirawat di rumah sakit swasta karena gejala tifus dan asma dipicu oleh aktifitasnya setelah kelelahan melakukan beberapa kunjungan ke sejumlah wilayah di Indonesia. Pada saat pemeriksaan lebih lanjut lalu timbul sesak nafas, sehingga dilakukan uji lab dan dinyatakan positif Covid-19. Seperti yang diketahui, Menhub Budi Karya merupakan sosok yang aktif dalam menangani kasus Covid-19, terutama di Indonesia. Selama masih dalam perawatan, posisi Menhub sementara akan digantikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Menteri Perhubungan menjadi pejabat teras negara Indonesia pertama yang diketahui postif Covid-19, disusul dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang turut menjadi sorotan saat ini. Pasalnya, pada 1 Maret 2020 lalu, Gubernur Ridwan Kamil turut mendampingi Menhub saat menjemput 68 WNI yang menjadi anak buah kapal (ABK) Diamond Princess di Bandara Kertajati, Majelengka. Ridwan Kamil hanya memantau kedatangan ABK Diamond Princess dari jarak relatif jauh, yakni 500 meter, dan tidak ada interaksi fisik yang dilakukan. Dugaan Ridwan Kamil, Menhub tidak tertular pada saat di Kertajati. Mesti demikian, demi kebaikan bersama, Ridwan Kamil akan memeriksakan dirinya secara medis untuk memastikan dirinya negatif dan tidak tertular.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: