Ini Dia 6 Manfaat Jalan Mundur untuk Kesehatan

Scroll down to content

Penemuan para ahli ini meneliti manfaat jalan mundur bagi kesehatan manusia. Salah satunya, bisa meningkatkan daya ingat lho.

Jalan mundur bisa Anda lakukan jika bosan dengan olahraga jalan atau lari yang biasa, mungkin jalan mundur bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk tetap bugar.

Berjalan mundur mampu memberikan sejumlah kebaikan untuk kesehatan fisik dan mental. Olahraga yang cukup aneh ini adalah cara sederhana bagi tubuh untuk menantang otot yang berbeda dan membuat pikiran fokus serta berfungsi secara berbeda.

Lantas apa saja manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh? Simak informasi lengkapnya di bawah ini seperti dilansir dari Doktersehat.com

Manfaat Jalan Mundur untuk Kesehatan
Meski terdengar tidak biasa, ternyata jalan mundur dapat memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan dibandingkan berjalan ke depan.

1. Meningkatkan Detak Jantung
Jantung adalah organ dalam tubuh yang sangat penting untuk kelangsungan hidup seseorang sehingga harus selalu dijaga kesehatannya agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya. Guna menjaga kesehatan jantung, biasanya makan makanan sehat dan berolahraga atau latihan tertentu. Mulai sekarang cobalah untuk berjalan mundur.

Berdasarkan hasil penelitian kecil yang dilansir National Center for Biotechnology Information (NCBI) menunjukkan bahwa dengan kecepatan yang sama, manfaat jalan mundur untuk kesehatan dapat meningkatkan denyut jantung dan kebutuhan oksigen ketimbang jalan maju.

2. Mengurangi Gaya dan Tekanan pada Lutut
Menurut penelitian dua profesor dari Universitas Oregon, Barry Bates dan Janet Dufek, mereka telah mempelajari jalan mundur dan berlari pada orang-orang sejak 1980-an.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukan bahwa berjalan mundur membantu mengurangi gaya dan tekanan pada lutut. Ini mungkin berguna bagi siapa pun yang mengalami nyeri ketika naik tangga atau melakukan latihan lunge atau squat.

3. Membakar Kalori Lebih Banyak
Tidak sedikit orang melakukan latihan rutin dalam waktu yang lama untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh ideal. Sebab, berolahraga atau latihan dapat membakar kalori di dalam tubuh. Terlebih bila jalan mundur dilakukan pada area menanjak yang membutuhkan energi lebih, sehingga pembakaran kalori akan lebih banyak pula.Tidak hanya itu, manfaat jalan mundur untuk kesehatan juga bagus bagi mereka yang pulih dari cedera hamstring karena berkurangnya rentang gerak pada pinggul.

4. Meningkatkan Fungsi Otak
Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari berjalan mundur adalah meningkatkan fungsi otak. Ketika Anda sedang berjalan mundur, Anda akan mengalami kesulitan yang lebih tinggi dibanding jalan maju, sehingga Anda didorong untuk lebih fokus serta bisa mengatur keseimbangan. Inilah yang membuat fungsi otak Anda meningkat.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Schacter, menunjukan bahwa jalan mundur dapat mengingat kejadian-kejadian keseharian sebelumnya dengan akurat.

5. Meningkatkan Daya Tahan Kaki
Meskipun berjalan secara normal (gerak maju) adalah sesuatu yang Anda lakukan setiap hari tanpa disadari, namun berjalan mundur dapat membantu Anda meningkatkan daya tahan kaki. Ini karena tantangan yang Anda lakukan pada tubuh lebih besar. Jalan mundur membuat tubuh terdorong untuk beradaptasi dengan tuntutan baru dan unik, yang membantu meningkatkan kebugaran fisik.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Biomechanics menemukan bahwa berlari mundur bisa mengurangi nyeri lutut anterior dibandingkan dengan berlari biasa.

6. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh
Sebuah penelitian pada orang dewasa dan anak-anak yang sehat menunjukkan bahwa manfaat jalan mundur dapat meningkatkan keseimbangan tubuh.

Anda bisa menerapkannya dengan sesekali berjalan mundur dalam keseharian seperti di sela-sela aktivitas atau ketika dalam perjalanan pulang. Bahkan, pelatih atletik pun menerapkan berjalan mundur atau berlari untuk atlet mereka. Tentu latihan yang unik ini bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menambahkan latihan keseimbangan tubuh Anda.

Sumber : DokterSehat

Foto : Istock

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: