Kesan dan Pesan Pasien Yang Dinyatakan Sembuh Dari Corona

Scroll down to content

Akhirnya pasien 1, 2, dan 3 yang dinyatakan positif Covid-19 dan menjalani isolasi beberapa waktu dinyatakan sembuh total. Ketiganya sudah di tes sebanyak dua kali dan akhirnya dinyatakan negatif dan diperbolehkan pulang. Menteri Kesehatan pun sempat memberikan jamu dari Jokowi kepada ketiga pasien tersebut. Juru bicara pemerintah, Achmad Yurianto memperkenalkan ketiga pasien tersebut di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Pusat. Ketiga pasien tersebut juga memberikan kesan dan pesan kepada seluruh masyarakat Indonesia terkait Covid-19.

Pasien pertama dan kedua yakni ibu dan anak menyatakan bahwa dirinya sangat bersyukur, karena semasa di isolasi, penanganan dari para medis sangatlah baik. Selama di isolasi di Rumah Sakit Sulianti Saroso, baik dokter, perawat, petugas labolatorium sampai dengan petugas kebersihan sangat membantu. Mereka sigap dan selalu mendampingi para korban selama 24 jam tanpa henti. Sang Ibu pun secara khusus meminta pemerintah  untuk memberikan penghargaan dan apresiasi untuk seluruh petugas rumah sakit. Para petugas tanpa henti selalu mendampingi, mengorbankan diri, padahal mempunyai keluarga yang khawatir yang menunggu di rumah. Wah, gimana menurut teman-teman, sungguh tidak mudah yah menjadi tenaga medis apalagi disaat musibah seperti ini melanda. Sungguh luar biasa.

Lain halnya dengan sang anak yang memberikan himbauan kepada masyarakat untuk mendukung secara moral seluruh pasien positif Covid-19. Sebelumnya, identitas sang ibu dan anak ini telah tersebar oleh oknum tidak bertanggung jawab, sehingga mengakibatkan adanya luka psikis selama masa isolasi. Beliau menyampaikan perihal penyebaran informasi yang tidak akurat dapat menggangu psikis korban. Banyak pesan yang ia terima melalui sosial media perihal gejala yang beberapa orang tidak berani laporkan karena takut identitasnya terbongkar.

Ia juga meminta masyarakat danmedia untuk tidak menghakimi pasien yang positif dengan berbagai stigma negatif. Virus ini tidak memandang bulu, tidak memilih baik ras, agama, profesi dan bisa menular ke siapapun. Pasien ketiga juga menyampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk tidak panik. Diri manusia mempunyai kekuatan untuk melawan virus tersebut asalkan mempunyai kedisplinan diri yang kuat.  Cukup dengan rajin minum air putih, istrirahat yang cukup dan benar, asupan gizi dan vitamin yang benar, akan menjaga sistem imunitas tubuh. Tidak lupa juga sarannya kepada masyarakat untuk tidak mengabaikan kebersihan, seperti yang sudah dihimbau oleh pemerintah.

Photo by Humas Kemenkes

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: