Melahirkan Sungsang Berisiko Displasia Panggul? Simak Penyebabnya

Scroll down to content

Hip Dysplasia atau lebih dikenal dengan displasia panggul merupakan formasi persendian panggul yang abnormal. Kondisinya bervariasi dari sangat ringan, seperti ligamen di sekitar panggul jadi longgar, hingga kondisi berat dimana panggul keluar dari persendiannya. Jika hal ini dibiarkan dan tidak diobati, hip dysplasia bisa memicu masalah berat dikemudian hari. Seperti kartilage di sekitar bola panggul menjadi rusak dan bisa menyebabkan osteoarthritis dan hip replacement (peggantian  panggul) saat dewasa. Sering kali bayi dan anak kecil yang mengalami hip dysplasia ringan tidak merasakan sakit atau menunjukkan gejala apapun. Hip dysplasia merupakan masalah perkembangan panggul yang paling umum terjadi pada anak. Banyak kasus yang tidak terdiagnosa karena merupakan kasus yang ringan.

Penyebabnya bisa terjadi pada saat dilahirkan, setelah lahir, atau bahkan selama masa kanak-kanak, atau mungkin terjadi karena riwayat keluarga. Meski begitu, ada beberapa hal yang meningkatkan resiko anak mengalami hip dysplasia, antara lain:

  • Lahir dengan posisi sungsang
  • Anak pertama
  • Anak perempuan
  • Bayi dengan kaki dibedong kencang

Hip dysplasia tidak menimbulkan rasa sakit dan bayi tidak menunjukkan gejala apapun. Tapi beberapa bayi dengan masalah ini mengalami satu kaki lebih pendek dari kaki lainnya, sendi panggul yang bergerak berbeda arah dengan lainnya, lipatan kulit pada bagian dalam paha lebih banyak. Anak yang sudah berjalan bisa mengalami berjalan dengan jari kaki dan tumit naik menghindari lantai, atau berjalan pincang atau berjalan bergoyang bila kedua panggul terkena.

Berikut ini beberapa tanda hip dysplasia yang mungkin bisa dilihat orangtua:

  1. Asimetris. Lipatan bokong yang tidak simetris bisa menjadi indikasi hip dysplasia pada bayi, tapi USG atau penyinaran dibutuhkan untuk menentukan apakah panggul normal atau tidak.
  2. Bunyi panggul. Bunyi panggul kadang mengarah pada hip dysplasia, tapi bunyi ini juga terjadi pada panggul normal karena perkembangan ligamen pada dan di sekitar persendian panggul.
  3. Gerak yang terbatas. Orangtua kesulitan memasangkan popok karena panggul tidak bisa membuka maksimal.
  4. Rasa sakit. Rasa sakit biasanya muncul pada bayi dan anak kecil dengan hip diysplasia, tapi rasa sakit paling umum menjadi gejala hip dsyplasia pada orang dewasa.

Beberapa kasus hip dysplasia terjadi saat lahir dan tidak bisa dicegah, tetapi bisa bertambah parah karena cara menggendong anak dan posisi penggunaan car seat yang tidak tepat. Misalnya hal sederhana seperti menggendong bayi, membedong bisa mempengaruhi perkembangan kesehatan  bayi. Karena kasus hip dysplasia tidak terdiagnosa, maka gendongan bayi yang tepat akan menunjang pertumbuhan dan perkembangan persendian panggul yang baik. Gendongan bayi yang tepat memposisikan panggul anak dalam bentuk “V,” dengan lutut lebih tinggi dari bokong. Gendongan menopang panggul dan menjaga bola panggul berada di kantungnya. Pilihlah gendongan yang menopang kaki dan tidak memberi tekanan pada panggul. Sebaiknya hindari gendongan yang hanya menopang selangkangan, membiarkan kaki menjuntai dan menggantung  di posisi yang tidak alami.

Jika panggul anak tidak terbentuk dan tumbuh semestinya, maka penanganan  difokuskan pada menggerakkan tulang paha ke posisi normal dan menjaga tetap di tempatnya ketika persendian tumbuh. Anak mungkin membutuhkan penanganan lain, seperti :

  • Pembedahan, untuk memperbaiki tulang panggul atau kantung panggul yang tidak terbentuk semestinya. Anak yang menjalani pembedahan perlu menggunakan spica cast hingga sembuh.
  • Terapi fisik, untuk membangun kekuatan otot pada kaki.

Bila penanganan berhasil, anak tidak akan mengalami masalah panggul berkelanjutan. Tapi periksakan si kecil secara teratur untuk memastikan ia tumbuh dan berkembang normal.

Sumber : Ismawati dan diolah dari sumber lainnya

Photo by Parenting Orami

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: