Selamat Hari Perawat Nasional 2020!

Scroll down to content

Perawat merupakan profesi yang difokuskan pada membantu perawatan setiap orang demi mencapai kualitas hidup yang optimal. Tanggal 17 Maret diperingati sebagai Hari Perawat Nasional. Banyak orang tidak mengetahui mengenai pentingnya Hari Perawat ini. Bahkan yang berprofesi sebagai perawat sekalipun tidak menyadari makna dibalik tanggal 17 Maret ini. Mungkin kita tidak pernah mendengar atau melihat kegiatan-kegiatan yang memperkenalkan mengenai Hari Keperawatan ini, sehingga banyak masyarakat pun menjadi asing dengan Hari peringatan tersebut. Dikutip dari beberapa sumber, penetapan Hari Perawat merupakan hari lahir terbentuknya organisasi profesi perawat yaitu PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) pada tanggal 17 Maret 1974. Pada masa itu sebelum tahun 1974 organisasi perawat di Indonesia sudah berkembang pesat sesuai dengan zamannya.

Perawat pun sudah ada bahkan ketika pada jaman penjajahan. Tenaga keperawatan pun berada pada wadah atau organisasi profesi Perawat Indonesia. Residen Vpabst merupakan rumah sakit yang didirikan pada tahun 1819 di Batavia. Pada tahun 1919 berubah nama menjadi Stadsverband  dan CBZ (Central Burgerlijke Zieken Inrichting). Rumah sakit tersebut sekarang lebih dikenal dengan RSCM atau Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo yang saat ini berlokasinya di Salemba, Jakarta. Saat itu perawat sudah memiliki perkumpulan-perkumpulan sebagai wadah organisasi perawat dan dapat menjalankan pergerakan dalam menentukan martabat profesi perawat. Ketika itu terdapat beberapa organisasi di antaranya Perkumpulan Kaum Verplegerfster Indonesia (PKVI), Persatuan Djuru Kesehatan Indonesia (PDKI), Persatuan Perawat Indonesia (PPI), dan Ikatan Perawat Indonesia (IPI) dan menyatukan diri dalam satu wadah organisasi yang saat itu masih bernama Persatuan Perawat Nasional.

Sejak itu tanggal 17 Maret 1974 disetujui dan dilakukan pernyataan bersama terbentuknya Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). PPNI berkomitmen untuk memberikan perlindungan bagi masyarakat dan profesi keperawatan dengan menyusun RUU keperawatan dan kemudian di sah kan menjadi undang-undang. PPNI saat ini berproses pada kematangan organisasi dan mempersiapkan anggotanya dalam berperan nyata pada masyarakat dengan memperkecil kesenjangan dalam pelayanan kesehatan, mempermudah masyarakat dalam mendapatkan akses pelayanan kesehatan, serta mendapatkan kesamaan pelayanan yang berkualitas. Seperti yang kita ketahui, peran perawat sendiri sangat penting. Kompetensi dan kualitas pelayanan benar-benar diperlukan untuk mengembalikan kualitas hidup seseorang seperti sediakala. Untuk seluruh perawat yang berjuang demi menyembuhkan pasien Corona, kalian luar biasa! Selamat Hari Perawat Nasional.

Beberapa sumber dikutip dari sumber lainnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: