Bahaya Olahraga Malam -Melawan Jam Biologis Tubuh

Scroll down to content

Olahraga merupakan kewajiban setiap orang untuk mempunyai tubuh yang sehat. Tetapi, ada saja alasan kita untuk tidak bisa berolahraga pada pagi atau siang hari. Ada yang sekolah, ada yang sibuk antar-jemput anak, ada yang sibuk bekerja dan pulang malam. Akhirnya, karena hanya mempunyai waktu luang di malam hari, olahraga pun dilakukan pada malam itu. Katanya, asalkan bisa berolahraga dan mengeluarkan keringat, tidak masalah dilakukan di pagi atau malam hari. Tapi, tahukah kamu bahwa ini mempunyai efek yang kurang baik nagi tubuh?

Malam hari merupakan waktunya untuk beristirahat dari serangkaian kegiatan. Olahraga yang dilakukan pada malam hari, akan membuat jam biologis pada tubuh menjadi berantakan, sehingga menimbulkan beberapa efek pada tubuh, diantaranya :

1.Berkurangnya Daya Tahan Tubuh

tubuh akan kehilangan banyak energi tanpa ada jeda yang cukup untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas, sehingga tubuh kehilangan daya tahan tubuh. Apalagi jika intensitas olahraganya tergolong berat atau membutuhkan banyak tenaga, seperti angkat beban atau berenang. Jika terlalu lelah, mungkin kamu akan terserang demam dan influenza.

2. Sesak Nafas

Oksigen pada udara malam berbeda dengan oksigen pada pagi atau sore hari. Itulah yang membuat tubuh menjadi gampang lelah. Olahraga sendiri membutuhkan banyak oksigen, jika tubuh kekurangan oksigen, maka aliran darah ke jantung pun akan terganggu.

3.Susah Tidur

Susah tidur bisa terjadi jika jam berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, apalagi olahraga yang dilakukan adalah olahraga berat.

Olahraga malam tidak dilarang, asalkan olahraga yang dilakukan santai dan mengurangi intensitasnya. Sebelum berolahraga, baik pada pagi ataupun malam hari, jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan setelah berolahraga. Pemanasan sangat berguna untuk mengendurkan otot, memperbaiki sirkulasi darah, dan membantu mempersiapkan tidur lebih nyenyak setelahnya. Untuk kamu yang sering berolahraga pada pagi hari, tentunya akan merasakan efek berbeda pada tubuhmu jika berolahraga pada malam hari. Nah, kamu tim olahraga pagi atau malam? Tidak ada yang salah dengan waktu berolahraga, asalkan semua dilakukan dengan tidak berlebihan dan pas, tentunya dengan cara yang benar. Salam sehat!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: