Ingat!!! Ini Waktu yang Diperlukan Virus Corona untuk Hidup di Benda Mati

Scroll down to content

Ajakan dan seruan rajin cuci tangan dan tidak sering menyentuh wajah sedang digalakkan. Pasalnya, kalau tak mengindahkan saran tersebut, virus corona yang menempel pada benda mati bisa berpindah ke tangan.

Virus corona lalu bisa masuk ke dalam tubuh lewat mulut, hidung, atau mata dan pada akhirnya dapat membahayakan kesehatan Anda.

Virus Corona Bisa Menempel di Benda Mati?
“Bukannya virus tidak bertahan lama, ya, jika tidak berada di tubuh manusia?” Mungkin itu menjadi pertanyaan Anda setelah mendengar informasi soal virus yang mampu bertahan hidup di benda mati.

Akan tetapi, berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, memang ada durasi tertentu bagi sebuah virus untuk bertahan hidup di luar tubuh inang, sebelum akhirnya dia mati.

Semuanya berawal dari tangan yang “ditugaskan” oleh Anda sendiri untuk menutup hidung dan mulut saat batuk bersin.

Umumnya, orang-orang yang menutup hidung dan mulut dengan tangan, tidak langsung membersihkannya dengan air dan sabun ataupun sekadar hand sanitizer.

Mereka malah langsung menyentuh benda lain, misalnya pakaian, handphone, gagang pintu, hand rail, dan lain-lain.

Alhasil, terjadi perpindahan virus dari tangan menuju benda tersebut. Apabila benda, terutama di fasilitas umum, tidak dibersihkan secara teratur, maka semakin besar pula risiko benda mati menjadi media penularan virus corona.

Lama Virus Corona Bisa Bertahan di Permukaan Benda?

Perlu diketahui, setiap virus yang ada di benda memiliki ketahanan waktu sendiri-sendiri. Perihal kemampuan hidup virus corona, khususnya virus SARS dan MERS, pernah diterbitkan dalam Journal of Hospital Infection.

Dijelaskan di situ, jika virus corona dapat menempel pada benda yang terbuat dari tembaga, dia akan bertahan kurang lebih selama 4 jam saja.

Sedangkan pada permukaan kardus, virus bisa bertahan hidup lebih lama, yakni seharian alias 24 jam. Lalu, bagaimana dengan permukaan plastik dan stainless steel?

Nyatanya, bila Covid19 menempel di permukaan plastik dan stainless steel, dia mampu bertahan selama 72 jam alias 3 hari!

Bila benda-benda, seperti plastik, stainless steel, tembaga, dan kardus berada di suhu ruangan, virus corona bahkan mampu bertahan selama 4 jam hingga 5 hari.

Seorang Ahli Penyakit Menular, Todd Nega, mengatakan sebenarnya berapa lama kuman bisa bertahan hidup sangat bergantung pada jenis patogennya, kelembapan, dan jenis permukaan bendanya.

Kalau medianya berupa kain seperti pada jenis serat alami, seperti katun, wool, atau rami, bakteri dan jamur akan bertahan lebih lama. Sementara untuk kain jenis sutera, ditemukan tingkat kontaminasi yang lebih sedikit.

Itulah mengapa, sangat disarankan untuk segera berganti pakaian dan mandi bersih setelah beraktivitas di luar ruangan agar Anda tak menularkan kuman pada orang rumah.

Sumber : Klikdokter

Foto : Antara

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: