Inilah Yang Terjadi Pada Tubuh Pasien Yang Sudah Sembuh Dari Corona

Scroll down to content

Pemerintah kembali mengumumkan penambahan kasus corona di Indonesia per 18 Maret 2020 bertambah menjadi 227 kasus. Kasus terbanyak memang terdapat di area DKI Jakarta. Dari kasus corona yang terjadi di Jakarta, sebanyak 19 orang meninggal karenanya, dan 11 orang diantaranya dinyatakan sembuh.

Lalu, apa yang akan terjadi pada pasien yang berhasil sembuh dari virus corona ini? Apa yang terjadi ketika tubuh mereka ketika tubuh sudah pernah terinfeksi oleh virus? Seseorang yang sudah pernah terinfeksi virus, khususnya virus corona saat ini, akan memiliki kekebalan tubuh dan imun sistem sehingga tidak bisa kembali terjangkit virus. Jikalaupun ada, maka peluangnya akan sangat sedikit. Masyarakat yang sudah sembuh dari maraknya virus ini, tidak perlu khawatir karena pengulangan terinfeksi tidak akan terjadi. Kalaupun sampai terjadi pengulangan infeksi, hal itu dikarenakan patogen dari virus akan tersimpan dalam paru manusia selama 37 hari. Artinya, dalam 37 hari tersebut, patogen dari virus masih dapat menularkannya ke orang lain.

Nah,meskipun sudah dikarantina dan gejala dari virus sudah tidak ada, masih terdapat kemungkinan pasien tersebut kembali menularkan virus itu, tetapi peluangnya sangat kecil. Sampai dengan saat ini, beberapa ahli di berbagai nagara pun sedang mengkaji ulang mengenai hal tersebut. Pendapat ini dikemukan oleh beberapa ahli, yang juga didasarkan pada virus-virus lainnya. dimana saat orang tersebut terinfeksi, umumnya mereka akan kebal dan tidak terkena lagi.

Direktur Jenderal WHO menegaskan bahwa mereka yang pulih dari infeksi ini perlu melakukan latihan kardiovaskular untuk meningkatkan kapasitas paru-paru mereka. Tentunya mereka harus mengembalikan fungsi paru seperti sedia kala. Beberapa pakar pun menemukan keganjilan, yaitu adanya pola yang mirip dengan kaca buram pada paru-paru korban sembuh corona. Akan tetapi, masih terlalu cepat untuk menentukan efek jangka panjang setelah pemulihan dari infeksi corona. Kita doakan supaya tidak ada efek jangka panjang yang muncul untuk seluruh orang yang berhasil sembuh dari corona yah!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: