Mengapa Harus Alkohol Dengan Kadar 70 Persen ?

Scroll down to content

Alkohol 70 persen (%) merupakan cairan yang mengandung 70% etil alkohol dan 30% air. Etil alkohol juga diketahui sebagai etanol yang berfungsi untuk membunuh bakteri. Lalu, mengapa harus menggunakan alkohol 70 persen? Alkohol dengan kadar 70 persen bisa menjadi salah satu senjata untuk melumpuhkan virus, termasuk salah satunya termasuk virus Corona. Kadar 70 persen pada alkohol adalah tingkat yang mampu membunuh kuman dengan sangat baik. Saat alkohol dengan konsentrasi 70 persen mengenai kuman, maka alkohol akan menembus sepenuhnya ke dalam sel dan membuat kuman atau bakteri mati.

Lalu bagaimana jika alkohol tersebut kurang dari kadar 70 persen? Jika kadar alkohol kurang dari 70 persen, maka pembasmian kuman tidak akan berlangsung dengan maksimal. Apakah penggunaaan alkohol diatas 70 persen akan lebih baik lagi? Jawabannya adalah tidak. Jika kadar alkoholnya lebih tinggi dari 70 persen, akan membuatnya lebih cepat menguap saat terkena udara, akibatnya kuman masih akan tetap bersarang dan tidak terbunuh.

Bahan ini juga bisa dimanfaatkan untuk sterilisasi mainan dan botol bayi agar terhindar dari kuman, dan juga sering dijadikan cairan pembersih tangan yang juga digunakan di rumah sakit. Cairan ini sering digunakan sebagai disinfektan untuk mencegah infeksi, terutama pada luka. Meskipun begitu, tidak disarankan untuk membersihkan luka dengan alkohol. Hal tersebut dikarenakan penggunaan alkohol pada kulit yang terluka dikhawatirkan akan menimbulkan sensasi panas seperti terbakar dan merusak jaringan kulit yang sehat.

Selain itu, alkohol juga bersifat membuat permukaan kulit menjadi kering dan berpotensi menimbulkan reaksi iritasi. Cairan ini merupakan bahan kimia yang aman untuk digunakan di permukaan kulit, selama penggunaannya tepat dan tidak berlebihan.

Berikut adalah beberapa manfaat lain dari alkohol yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari :

  1. Membersihkan tangan
  2. Menghapus tinta pada spidol permanen
  3. Membersihkan kutek, jika tidak mempunyai aseton
  4. Mengusir bau tidak sedap pada sepatu
  5. Mengusir kutu busuk yang menempel pada tempat tidur
  6. Meredakan nyeri akibat gigitan serangga
  7. Menghilangkan noda tinta pada pakaian
  8. Membersihkan noda membandel pada dapur

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: