Von Willebrand, Penyakit Keturunan Gangguan Pendarahan

Scroll down to content

Penyakit Von Willebrand merupakan penyakit keturunan gangguan pendarahan. Darah pada penderita memiliki kadar faktor Willebrand yang sedikit atau tidak berfungsi dengan baik, sehingga menyebabkan perdarahan lebih lama berhenti. Pendarahan itu bisa dalam bentuk gusi berdarah setiap kali sikat gigi, mimisan, menstruasi yang sangat banyak. Penyakit Von Willebrand bukan penyakit yang serius dan kebanyakan penderitanya dapat menjalani hidup yang normal dan aktif. Hampir sebagian besar kasus penyakit von Willebrand memiliki gejala ringan, sehingga tidak terdiagnosis. Pada kondisi sangat ringan, penyakit ini terkadang tidak mudah untuk dideteksi. Gejala utamanya meliputi:

  • Mudah memar atau memar yang relatif besar.
  • Sering mimisan atau mimisan dalam jangka waktu yang relatif lama.
  • Gusi berdarah.
  • Perdarahan yang lama dan berlebihan setelah cabut gigi atau operasi.
  • Menstruasi dengan volume darah yang cenderung berlebihan dan durasi yang panjang.
  • Perdarahan berlebihan selama atau setelah melahirkan.

Penyakit Von Willebrand disebabkan kadar faktor Willebrand yang rendah dalam darah. Faktor Willebrand berperan dalam proses pembekuan darah. Rendahnya faktor ini menyebabkan keping darah tidak mampu menyatu sebagaimana mestinya dan tidak bisa melekat pada dinding pembuluh darah dengan baik ketika cedera berlangsung. Kondisi ini mengakibatkan gangguan pada proses pembekuan darah dan terkadang menyebabkan perdarahan yang tidak terkendali. Penyakit von Willebrand kadang dikaitkan dengan hemofilia. Namun berbeda dengan hemofilia yang hanya sebagian besar terjadi pada pria, penyakit ini dapat terjadi pada pria dan wanita. Umumnya, penyakit ini juga lebih ringan. Penyakit von Willebrand terbagi dalam beberapa tipe  berikut:

  • Tipe 1 

Bentuk umum dari penyakit von Willebrand dengan kadar faktor Willebrand tergolong rendah. Pada beberapa penderita, kadar faktor VIII juga bisa rendah. Tanda dan gejala tipe 1 relatif lebih ringan.

  • Tipe 2 

Faktor Willebrand pada jenis ini tidak berfungsi dengan baik. Tanda dan gejalanya juga cenderung lebih signifikan.

  • Tipe 3

Tipe ini cukup jarang terjadi dan disebabkan oleh kadar faktor Willebrand yang rendah. Gejalanya juga cukup parah dan dapat menyebabkan perdarahan hingga di persendian dan otot.

Penyakit Von Willebrand tergolong penyakit yang berlangsung seumur hidup dan tidak dapat disembuhkan. Pengobatan yang dapat dilakukan adalah mencakup pencegahan atau untuk menghentikan perdarahan. Jenis penanganan dilakukan akan ditentukan berdasarkan:

  • Tipe dan tingkat keparahan kondisi Anda.
  • Respons Anda terhadap terapi sebelumnya.
  • Obat yang Anda konsumsi dan kondisi medis lainnya.

Dokter mungkin akan menyarankan serangkaian metode pengobatan untuk meningkatkan faktor Willebrand dalam darah Anda, sehingga membantu proses pembekuan darah dan mengendalikan menstruasi yang berlebihan pada wanita. Penyakit von Willebrand dapat menyebabkan beberapa komplikasi, seperti anemia, sakit dan pembengkakan, serta kematian akibat perdarahan.

Pencegahan

Karena penyakit von Willebrand merupakan penyakit keturunan, Anda dapat melakukan konsultasi dengan ahli genetika sebelum memiliki keturunan jika ada anggota keluarga Anda yang mengidap kondisi yang sama. Bila Anda memiliki kelainan gen dari penyakit ini meski tidak mengalami gejalanya, keturunan Anda mungkin dapat mewarisinya.

Sumber: diolah dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: