Jaga Kebersihan Air Untuk Masa Depan Kita Semua – Selamat Hari Air Sedunia 2020

Scroll down to content

Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi makhluk hidup. Baik manusia, hewan, tumbuhan, semuanya membutuhkan air untuk kelangsungan hidup. Khususnya sebagai masyarakat dunia, pastinya kita semua membutuhkan air bersih untuk dikonsumsi dan kebutuhan sehari-hari. Terbukti seperti yang kita ketahui, bahwa tubuh manusia 80 persen adalah air. Tanggal 22 Maret 2020 diperingati sebagai Hari Air Sedunia ke-28. Pada tahun 2020 ini, tema untuk Hari Air Sedunia adalah “Water and Climate Change” atau bisa diartikan dengan “Air dan Perubahan Iklim”. Peringatan Hari Air Sedunia adalah peringatan yang diperuntukkan bagi seluruh lapisan masyarakat mengenai pentingnya air bersih serta pengelolaan sumber air yang berkelanjutan.

Terciptanya Hari Air Sedunia bermula pada 22 Desember 1992 saat Sidang Umum PBB ke-47 di Rio De Janeiro, Brazil. Pada sidang tersebut telah disepakati bahwa air sedunia diperingati setiap tahunnya tanggal 22 Maret. Tujuan diciptakannya Hari Air Sedunia ini agar masyarakat di dunia mendukung penuh konservasi air dengan cara menggurangi penggunaan air keran yang berlebihan. PBB bersama seluruh anggota PBB gencar mensosialisasikan tentang hari air sedunia melalui kegiatan nyata. Jika tidak ada air bersih yang layak, maka mahluk hidup pun bisa terancam pada kematian, tidak luput pada manusia.

Air dan Perubahan Iklim, tema yang bukan hanya tema semata, melainkan butuh tindakan yang konkrit untuk mengurangi krisis air bersih. Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi krisis air bersih dengan cara :

  1. Menghemat air dengan tidak mengisi bak penampungan air sampai tumpah, matikan keran air sebelum bak penampungan penuh seutuhnya.
  2. Gunakan air bekas untuk kepentingan sehari-hari seperti menyiram tanaman, menyiram teras rumah.
  3. Membuat lubang resapan untuk menampung air hujan agar terserap ke dalam tanah.
  4. Menanam tanaman penyimpan air.
  5. Melestarikan daerah aliran sungai.

Perubahan iklim juga menjadi salah satu faktor masalah lingkungan hidup dunia , karena menjadi salah satu penyebab berkurangnya ketersediaan sumber daya air untuk kelangsungan hidup. Untuk mencegah perubahan iklim yang memburuk, kita perlu merawat lingkungan disekitar kita dengan baik pula. Mensejahterakan ketersediaan air bersih merupakan tabungan kita bersama untuk masa depan. Tentunya, air bersih sangat penting untuk kelangsungan hidup kita semua.

Photo by Pinterest

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: