Misi Kemanusiaan Menuju China Menjemput Obat

Scroll down to content

Ibukota semakin darurat. Sesuai data yang dikeluarkan oleh Kemkominfo RI, saat ini pasien positif Corona mencapai 450 orang. 38 orang dinyatakan meninggal dan 20 orang dinyatakan sembuh. Pasien meninggal lebih banyak ketimbang pasien sembuh, dan pasien terjangkit semakin bertambah setiap harinya. Masih ada kurang lebih 1000 orang yang berada dalam pengawasan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun sudah menetapkan status tanggap darurat Covid-19. Tidak hanya Jakarta, tapi beberapa kota pun sudah melakukan aksi tanggap darurat corona, diantaranya DI Yogyakarta, Depok, Banten, Bogor, Kalimantan Timur, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Jawa Barat.

Presiden Jokowi sebelumnya sudah memutuskan untuk mengikuti cara Korea Selatan dengan melakukan rapid test atau test masal pemeriksaan Corona. Sebanyak 2 juta alat pemeriksaan sudah dipesan, dan sudah dilaksanakan di beberapa daerah. Langkah berikutnya yang dilakukan oleh Presiden Jokowi adalah mengambil langkah untuk mengirim tentara Indonesia untuk menjemput langsung alat-alat kesehatan dan obat-obatan di China untuk menyelamatkan rakyat Indonesia dari virus Covid-19. Tentara tersebut sudah dijadwalkan berangkat pada Sabtu, 21 Maret 2020 menggunakan pesawat C-130 Hercules bernomor A1333 dari Skadron Udara 32 Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh Malang, terbang menuju Shanghai, China.

Pesawat tersebut membawa 18 orang kru dan tiga personil Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara dan 2 orang Kementerian Pertahanan dan mendarat di Pangkalan Udara Militer Raden Sadjad Natuna pada Minggu, 22 Maret 2020. Kurang lebih 10 ton obat-obatan akan dibawa dari China ke Indonesia. Beberapa alat kesehatan seperti alat pelindung diri juga didatangkan untuk digunakan para tenaga medis, seperti masker sekali pakai, masker N95, jaket pelindung, sarung tangan, kacamata, termometer infrared, topi medis.

Diharapkan dengan didatangkannya alat-alat ini, Indonesia dapat melakukan pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19. Saat ini, Indonesia masih menunggu kepulangan pesawat TNI. Mari kita doakan untuk seluruh personil yang turut bertugas agar perjalanan mereka diberkati dan diberikan kelancaran untuk kembali ke Indonesia. Misi ini merupakan misi kemanusiaan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: