Selain Tangan, Dompet dan Smartphone Juga Harus Dibersihkan

Scroll down to content

Virus Corona diyakini dapat bertahan selama 4 sampai 5 hari pada permukaan benda mati, seperti di kayu, alumunium, kertas, plastik dan kaca. Lamanya virus dapat bertahan hidup tidak menentu dan tergantung pada benda yang terpapar, tingkat kelembapan dan kondisi cuaca. Sebagai contoh, jika pasien terjangkit corona batuk atau bersin dan bakteri tersebut menempel pada plastik atau baja, maka virus dapat bertahan selama 3 hari. Virus yang menempel pada permukaan kain tidak akan bertahan lebih dari 24 jam.

Berbeda halnya, jika virus tersebut menempel pada uang kertas, virus tersebut akan stabil menempel dan berumur panjang. Maka dari itu, penting untuk membersihkan dompet kita secara berkala. Semprotkan cairan alkohol dan usap perlahan pada dompet agar kuman-kuman dan bakteri dalam uang kertas mati. Tidak hanya itu, gadget seperti smartphone juga beresiko terpapar virus corona. Meskipun tingkat presentasenya lebih rendah karena penggunaan dilakukan per individu, tetap saja hal ini harus diwaspadai dengan seksama.

Misalnya, dengan tidak sengaja meletakkan smartphone kita pada meja yang terpapar virus, atau menjatuhkan smartphone kita pada permukaan yang rawan dihinggapi virus. Karena virus corona ini telah menyebar ke seluruh penjuru, ada baiknya kita selalu waspada karena kita tidak akan mengetahui, permukaan mana yang telah terpapar virus atau permukaan mana yang bersih dari virus. Jika pada smartphone kita menempel virus tersebut virus, lalu kita pegang dengan tangan kita yang bersih, akhirnya pun akan sama, kita bisa saja terjangkit. Jangan lupa untuk membersihkan smartphone dengan membersihkannya menggunakan cairan alkohol secara berkala. Maka dari itu, penting untuk kita ketahui, berapa lama umur virus akan bertahan pada permukaan benda lainnya. Seperti yang telah disebutkan, kita harus waspada.

Oleh karena itu, cara terbaik dengan mencegahnya adalah selalu waspada. Rutin mencuci tangan adalah cara yang paling utama yang bisa dilakukan. Disaat kondisi sedang rawan corona, setiap memegang suatu barang ada baiknya kita selalu mencuci tangan juga. Jika tidak bisa mencuci tangan, ada baiknya selalu menggunakan handsanitizer sebagai penggantinya.

Langkah kewaspadaan lainnya adalah dengan mematuhi aturan dari pemerintah dengan mengisolasi diri dari keramaian. Jika kita hanya berdiam dirumah, aktifitas yang dilakukan diluar pun minim, sehingga potensi terpapar sangat rendah. Jangan lupa untuk mensterilkan perlengkapanmu seperti smartphone, dompet, kunci mobil dan lainnya sampai wabah ini mereda. Waspada!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: