Jam 10 Pagi Waktu Paling Baik Untuk Berjemur Matahari

Scroll down to content

Berjemur di bawah sinar matahari menjadi salah satu cara yang paling mudah untuk mendapatkan kulit kecoklatan. Namun, tidak hanya untuk mempercantik kulit, ternyata berjemur di bawah matahari dan terpapar sinar ultraviolet juga memberikan dampak positif terhadap kesehatan. Sejak mewabahnya virus Covid-19, banyak masyarakat yang melakukan kegiatan jemur diri untuk mendapatkan vitamin D guna memperkuat imun tubuh. Lalu, jam berapakah yang paling baik untuk melakukan jemur tubuh dan berapa lama yang dibutuhkan oleh tubuh ketika berjemur?

Dikutip dari Kompas.com, dokter Ahli Gizi dan Magister Filsafat, Dr Tan Shot Yen menjelaskan setidaknya ada dua jenis cahaya matahari yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan oleh manusia, yaitu ultraviolet A dan ultraviolet B.

Ultraviolet A tidak dibutuhkan oleh manusia, bahkan justru harusnya dihindari karena terpapar secara berlebih dapat menyebabkan kanker dan keriput. Ultraviolet A umumnya adalah cahaya matahari yang ada di sekitar pukul setengah enam hingga jam tujuh pagi. Tepatnya saat matahari mulai beranjak naik dan gelombang cahaya matahari sedang panjang.

Sinar ultraviolet B merupakan gelombang cahaya yang pendek dan yang dibutuhkan oleh tubuh. Ultraviolet B bisa didapatkan saat matahari naik yaitu sekitar jam 10 pagi, dengan waktu jemur badan sekitar 10-15 menit. Selain itu, dr. Tan juga mengingatkan bahwa cahaya matahari yang terbaik adalah yang menyinari tubuh secara langsung, bukan yang sekadar membuat diri berkeringat. Jadi usahakan kulit bisa mendapat sinar matahari secara langsung. Ada baiknya untuk tidak menggunakan pakaian yang tertutup agar sinar matahari langsung terpapar ke kulit tubuh.

Selain menghindari diri agar tidak terbakar sinar matahari, disarankan oleh dr. Tan untuk berjemur dengan tengkurap. Karena bidang kulit belakang yang mendapati cahaya matahari akan banyak. Ultraviolet B bersamaan dengan kolesterol dalam tubuh akan membentuk vitamin D3 yang memang dibutuhkan oleh kulit, dan hanya dihasilkan oleh sinar matahari.

Nah, siapa yang selama ini salah waktu untuk berjemur? Setelah mengetahui ini, jangan lupa untuk berjemur di jam 10 pagi yah. Jaga kesehatan dan selalu jaga imunitas tubuh dengan baik. Salam sehat!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: