Vitamin dan Mineral, Untuk Daya Tahan Tubuh

Scroll down to content

Sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan. Imunitas tubuh harus dijaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit. Untuk itu, kita perlu menerapkan pola hidup sehat, dan tentunya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Kedua hal tersebut sangat dibutuhkan agar sistem kekebalan tubuh bisa berfungsi dengan normal, terutama jika kebutuhan gizi dari asupan sehari-hari tidak tercukupi. Berikut adalah kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga imunitas :

  • Vitamin A dan E, sebagai antioksidan yang kuat untuk melawan infeksi. Sumber makanan terdapat pada alpukat, brokoli, bayam, ubi.
  • Vitamin B6, sebagai penunjang reaksi biokimia dalam sistem imun tubuh. Sumber makanan terdapat pada ayam, tuna, salmon, sayuran hijau.
  • Asam Folat, berperan dalam proses perbaikan DNA dan memperbanyak sel imun. Sumber makanan terdapat pada sayuran hijau, kacang-kacangan, salmon.
  • Vitamin C, mempertahankan dan mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Sumber makanan terdapat pada sayuran hijau, buah stroberi, buah pepaya.
  • Vitamin D, berfungsi dalam memodulasi sistem kekebalan tubuh. Sumber makanan terdapat pada ikan salmon,ikan tuna, sarden.

Mineral yang sangat dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, antara lain :

  • Zinc, mengendalikan respon sistem imun serta peradangan. Sumber makanan terdapat pada kuning telur, bawang putih, jamur, daging merah.
  • Selenium, berperan penting dalam pengaturan sistem kekebalan tubuh. Sumber makanan terdapat pada bawang putih, brokoli, tuna.
  • Besi, memiliki peran penting dalam proses memperbanyak dan pematangan sel imun. Sumber makanan terdapat pada bayam, nasi putih, kacang merah, kentang.

Menerapkan pola hidup sehat merupakan langkah terbaik dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Namun pada beberapa kondisi, konsumsi suplemen peningkat imunitas tubuh mungkin diperlukan. Jika kamu ingin mengkonsumsi suplemen, jangan lupa untuk memeriksa komposisi yang terdapat dalam vitamin atau konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter gizi, agar apa yang dikonsumsi memiliki kandungan yang memang dibutuhkan oleh tubuh kita. Jangan kesehatan dan jangan lupa #DiRumahAja.

Photo by Harvard Health

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: