Inilah Yang Terjadi Jika LockDown Diberlakukan

Scroll down to content

Penyebaran virus Covid-19 semakin mewabah di Indonesia. Pemerintah RI pun segera mengambil langkah untuk melakukan Social Distancing. Meskipun banyak lapisan masyarakat yang mendukung aksi lockdown, pemerintah lebih memilih agar masyarakat tetap berada di rumah saja.

Sekolah diliburkan, tempat umum ditutup sementara, pusat perbelanjaan ditutup, bekerja dan sekolah pun dilakukan dari rumah. Hampir sebagian besar di Jakarta sudah melakukan hal ini. Beberapa kota di Indonesia juga sudah melarang keluar-masuknya masyarakat, baik dari darat ataupun laut.

Social Distancing solusinya, alih-alih harus melakukan lockdown. Lalu, apakah yang akan terjadi, jika lockdown diberlakukan? Sektor apa saja yang terkena imbasnya jika hal ini terjadi? Mari kita simak.

  • Sektor Pangan

Jika lockdown diberlakukan, orang-orang tidak akan bisa keluar rumah. Akhirnya, mereka akan membeli bahan pangan secara banyak dan akibatnya barang menjadi langka dan terjadilah kenaikan harga.

  • Sektor Transportasi

Sektor transportasi mulai dari udara, darat, dan laut pun akan terkena imbasnya. Ojek, taksi, bus, kereta akan kehilangan penumpang. Transportasi udara yakni pesawat tidak akan beroperasi, karena tidak adanya mobilitas.

  • Sektor Bisnis

Lockdown sangat berpotensi menyebabkan kegagalan pada bisnis. Akibatnya, banyak orang harus di PHK secara masal. Kerugian produksi serta tidak adanya pendapatan akan mengakibatkan banyak orang kehilangan lapangan pekerjaan. Seluruh aspek bisnis akan terkena imbasnya, terutama bisnis wisata dan tempat hiburan.

  • Sektor Ekonomi

Ekonomi sudah pasti tergoncang jika lockdown diberlakukan. Parahnya, bisa berpotensi krisis ekonomi nasional. Hal ini dikarenakan efek domino dari melemahnya sektor-sektor lain seperti sektor bisnis dan lainnya.

Saat ini, himbauan pemerintah untuk melakukan social distancing pun sudah berimbas pada segala sektor. Salah satunya adalah sektor transportasi, dimana mobilitas sudah sedikit sehingga pengemudi online terutama kehilangan pendapatan. Nah, bagaimana pendapatmu? mengingat kasus virus Corona yang semakin hari semakin meninkat, mari kita doakan bersama agar dunia bisa segera terlepas dari ancaman virus ini.

Photo Ilustrasi by ModalKu

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: