Peraturan Penggalangan Dana Kampanye Covid-19

Scroll down to content

Bertambahnya kasus COVID-19 di seluruh penjuru dunia membuat orang-orang tergerak untuk mengulurkan bantuan. Di Indonesia sendiri, angka kematian dan jumlah korban yang terus meningkat membuat masyarakat ramai-ramai mengadakan aksi solidaritas. Salah satu aksi ini melalui penggalangan donasi secara online. Meski terus menyebar, warga tak kehilangan rasa simpati dan solidaritas.

Antusias masyarakat Indonesia sangat tinggi dalam menyalurkan donasi untuk menangani kasus COVID-19 di negeri ini. Donasi yang terkumpul tersebut ditujukan untuk bermacam pertolongan terkait wabah COVID-19. Mulai dari penyediaan alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga medis, membantu kebutuhan ekonomi warga yang rentan corona, sterilisasi tempat-tempat publik, penyediaan masker, dan lain lain.

Penggalangan dana menghadapi COVID-19 digagas oleh organisasi, komunitas hingga individu. Seiring dengan semakin banyaknya pembuatan kampanye tersebut, Peduli Sehat memberlakukan dua hal terkait penggalangan dana untuk COVID-19, yaitu :

1. Penggalangan dana yang digagas oleh organisasi/komunitas atau yayasan, harap mengisi formulir terlebih dahulu di sini. Setiap organisasi/komunitas atau yayasan wajib memiliki legitimasi.

2. Untuk kegiatan promosi maupun pengumpulan donasi perorangan, Peduli Sehat tetap terbuka untuk bekerjasama. Harap mengisi formulir terlebih dahulu di sini, dan deskripsikan (formulir, point no 11) kegiatan yang akan dilakukan, berapa dana yang dibutuhkan dan tujuan penyaluran dana.

Setiap pengajuan kampanye yang valid akan dihubungi oleh Peduli Sehat untuk dapat diverifikasi lebih lanjut.

Untuk setiap kampanye galang dana yang tidak mengisi formulir pengajuan dan tidak valid menurut Peduli Sehat, akan digagalkan dan semua donasi yang diterima kampanye tersebut akan disebarkan ke kampanye penggalangan dana Peduli Sehat lain yang aktif dan terverifikasi. 

 

Pengelolaan Donasi

1. Untuk penggalangan dana yang digagas oleh organisasi/komunitas atau yayasan dapat mengelola donasi sendiri dengan pendampingan Peduli Sehat, atau dapat memberikan YPSG (Yayasan Peduli Sehat Gotongroyong) hak untuk mengelola donasi tersebut untuk disalurkan.

2. Untuk penggalangan donasi perorangan yang telah divalidasi dan diverifikasi oleh Peduli Sehat, seluruh pengelolaan donasi akan dikelola sepenuhnya oleh YPSG (Yayasan Peduli Sehat Gotongroyong).

3. Setiap penggalang dana wajib untuk membuat cerita pembaruan, dan wajib untuk melampirkan foto bukti penyerahan donasi pada kolom Pembaruan sebagai bentuk pertanggungjawaban dalam pengelolaan donasi kepada pihak penyedia layanan platform (Peduli Sehat) dan donatur.

 

Penutup

Penggalangan dana dilakukan agar semua pihak dapat turut serta membantu pencegahan dan penularan virus COVID-19. Nantinya, seluruh dana terkumpul akan sepenuhnya disalurkan kepada orang yang tepat dan benar-benar membutuhkan. Mari kita ajak seluruh kerabat kita untuk berdonasi melawan COVID-19.

9 Replies to “Peraturan Penggalangan Dana Kampanye Covid-19”

  1. Saya mahasiswa dan unit kegiatan mahasiswa kami ingin membuat campaign donasi untuk di belikan APD ke RS/faskes yang ada di Kalteng khususnya Kota Palangkaraya. Saya sudah melakukan kontak via WA tetapi belum ada di respon. Mohon petunjuk nya, berapa lama waktu verifikasi campaign corona ? Terimakasih

  2. Saya seorang Driver logistik yang saat ini sedang di rumah kan …Ingin meminta bantuan untuk RT/011/RW/000 di jln Gatot Subroto GG Serasan lk 2 bandar Lampung yang warga nya hampir semua buruh harian lepas termasuk aku dan keluargaku pribadi… Terimakasih

  3. Selalu ada pengeluaran tak terduga… Namun tidak ada masukan yang pasti ….saat terjadi nya Covid 19 😭😭😭

  4. Saya seorang ibu runah tangga. Saat pandemi kami benar2 terpuruk dgn kondisi ini. Suami kehilangan pekerjaan sdh 2bln lebih. Sedang anak kami sangat butuh bantuan biaya pengobatan. Bgmn caranya agar kami bisa dpt bantuan ini. Terimkasih.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: