Tips Sehat Dengan Cara Sederhana

Scroll down to content

Kesehatan merupakan harta yang paling berharga. Menjaga diri untuk tetap sehat tidaklah sulit, terkadang memerlukan biaya yang sangat sedikit atau bahkan sama sekali tidak memerlukan biaya. Tetapi tentunya membutuhkan kesabaran, ketelatenan, dan konsisten untuk menjalaninya. Orang dengan segudang kesibukannya, akan gampang merasa kelelahan. Disaat tubuh lelah, sistem imun pun akan melemah, dan inilah penyebab mengapa penyakit bisa masuk ke dalam tubuh.

Orang yang sibuk dengan pekerjaannya pun akan kesulitan dalam mengatur pola tidurnya sehingga berakibat kurang tidur. Tidak hanya itu, stress dengan pekerjaan juga menjadi penyebab utama dari berbagai macam penyakit serius. Berikut ini ada beberapa cara menjaga kesehatan tubuh atau cara hidup sehat yang dapat kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari :

  • Sayangi tubuh, dengan tidur 8 jam sehari

Tidur yang cukup merupakan obat yang ajaib bagi tubuh. tidur merupakan waktunya bagi tubuh untuk menyembuhkan kerusakan yang terjadi pada sel dan jaringan tubuh. Jadi, jangan sampai kamu kekurangan tidur yah karena akan ada bahaya mengintai jika itu terjadi.

  • Sayangi lever, dengan hindari makanan berlemak

Batasi makanan dan minuman yang banyak mengandung pemanis. Makan dan minuman yang terlalu banyak mengandung manis hanya akan mengakibatkan penumpukan lemak di hati. Penumpukan ini jika dibiarkan akan berdampak pada penyakit jantung, diabetes, kanker hati dan sirosis.

  • Sayangi usus, dengan hindari makanan siap saji (junk food)

Makanan siap saji misalnya kentang goreng, yang diawetkan kemudian digoreng dalam minyak dengan suhu panas, akan menyebabkan terjadinya kanker usus, karena adanya zat kimia yang muncul seperti heterocylic amines. Selain junkfood, makanan berformalin juga berbahaya bagi usus, seperti bakso.

  • Sayangi ginjal, dengan hindari makanan olahan

Orang yang mengidap penyakit ginjal dianjurkan untuk membatasi kandungan fosfor dalam makanan yang dikonsumsi. Maka dari itu, orang dengan gangguan ginjal sangat dianjurkan untuk menghindari makanan olahan yang menjadi sumber natrium da fosfor tinggi.

 Untuk menjaga kesehatan dengan konsisten, tidak hanya melalui makanan dan tidur yang cukup, olahraga pun berpengaruh. Maka dari itu, sempatkan waktu di pagi hari sebelum beraktifitas dengan melakukan olahraga kecil. Jangan lupa minum air putih yang cukup. Menjaga tubuh yang sehat berawal dari diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: