Atasi Nyeri Haid Dengan Cara Sederhana

Scroll down to content

Menstruasi merupakan kejadian alamiah yang terjadi pada tubuh wanita. Hal yang paling menyebalkan ketika menstruasi tentunya adalah rasa nyeri atau kram pada perut. Nyeri haid disebut juga sebagai dismenore. Dismenore merupakan rasa nyeri di perut bagian bawah yang muncul 1 atau 2 hari sebelum haid atau saat haid. Rasa nyeri ketika haid biasanya didominasi oleh kram berdenyut di perut yang menyebar ke punggung hingga paha. Intensitasi nyeri dismenore bisa bervariasi pada tiap wanita, kadang terasa sangat kuat tetapi singkat, di lain waktu bisa terasa ringan tapi bertahan dalam waktu lama. Berikut berbagai pola hidup dan pencegahan sederhana yang dapat dilakukan di rumah yang dapat membantu Anda mengatasi nyeri ketika haid.

  • Makan Makan Berserat

Makanan berserat akan membantu mengimbangi gula darah dalam tubuh, sehingga peredaran darah kotor menstruasi lancar tanpa terasa sakit.

  • Makan Teratur

Makan teratur dengan porsi seimbang dan makan makanan yang mengandung banyak gizi akan membantu mengurangi rasa sakit pada perut ketika menstruasi. Tidak hanya itu, makan 3 kali sehari juga bisa mnegatasi rasa mual dan begah pada perut.

  • Pilih Cemilan Sehat

Pilihlah makanan yang mengandung rendah garam seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah dan sayur alami. Tentunya lebih baik jika di konsumsi alami, bukan yang berada di dalam kemasan siap saji.

  • Penuhi Zat Besi

Saat menstruasi, wanita harus memenuhi kebutuhan zat besi untuk menggantikan darah kotor yang sudah keluar dari tubuh.

  • Minum Kafein

Kafein dibutuhkan untuk para wanita yang sering menghadapi lesu dan lemas ketika menstruasi. Takaran kafein yang direkomandiskan adalah 300 hingga 400 miligram per hari. Kandungan ini ada dalam secangkir kopi. Selain itu, meminum kopi juga dapat meringankan perut dari kram selama menstruasi berlangsung.

Jika kamu tidak dapat melakukan kelima hal diatas, kamu bisa mengatasinya dengan cara sederhana, yaitu dengan mengompres perut dengan handuk hangat atau menggunakan botol hangat. Hal ini juga dapat dilakukan untuk mengatasi masalah nyeri ketika haid.

Photo by Shutterstock

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: