Bahaya Suka Menyimpan Struk Belanja Dari Kertas Thermal

Scroll down to content

Sering melihat kemasan atau wadah plastik bertuliskan “BPA Free”? Sebagian dari kita pasti sering melihatnya, namum tidak mengetahui arti dan dampaknya terhadap kesehatan. BPA atau Bisphenol A yang harus dihindari karena berisiko menyebabkan masalah pada kesehatan. BPA merupakan bahan yang digunakan untuk mengeraskan plastik sehingga banyak terdapat di perangkat medis, botol air, compact disc, sealant gigi, lapisan makanan, dan minuman kaleng.

Label “BPA Free” merupakan merupakan penanda bahwa kemasan tersebut bebas dari BPA. Biasanya tulisan inilah yang selalu ada pada kemasan makanan dan minuman. Paparan BPA tak hanya bisa didapat dari kemasan makanan, tetapi juga kertas termal, yang sering kita dapat saat pembelian tiket, nota, kuitansi, atau struk belanja. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) menyatakan beberapa efek negatif BPA, termasuk gangguan hormon.

Bahan kimia pada BPA menyerupai hormon estrogen sehingga mengganggu kadar hormon normal, menghambat otak, perilaku, serta perkembangan janin pada ibu hamil, bayi, dan anak-anak. Kelompok tersebut merupakan objek paling rentan terkena paparan BPA karena tubuh mereka masih berkembang dan belum bisa maksimal menghilangkan zat asing dari sistem tubuh. Meskipun pada kemasan-kemasan yang seringkali kita beli sudah menandakan bahwa kemasan tersebut bebas BPA,  tetapi kita  tidak menyadari bahwa bahaya yang sama bisa bisa kita didapat dari kehidupan sehari-hari kita, seperti struk belanja.

Kertas termal di sejumlah toko ritel, restoran, ATM sudah positif menunjukkan kandungan BPA sekitar 0,8-3 persen BPA murni berdasarkan berat. Kontak dengan kertas termal membuka peluang paparan BPA ke dalam tubuh, baik melalui transfer langsung ke kulit, maupun transfer oral lewat makanan yang tersentuh kontaminan tangan, meresap ke lapisan bawah kulit dan masuk ke aliran darah. Paparan BPA kertas termal bisa jadi lebih berbahaya dari BPA plastik.

Massa total BPA kertas termal bisa mencapai 250-1000 kali lebih besar dari BPA pada kaleng makanan, kaleng susu formula, atau botol bayi plastik. Kadar BPA pada pekerja ritel misalnya pada kasir lebih tinggi daripada orang dewasa umumnya, dan mempunyai risiko besar terpapar BPA. Langkah yang dapat kita lakukan untuk menjauhi kertas thermal ini adalah dengan menggantinya dengan kertas nota biasa, atau struk dikirimkan via email.

Ace Hardware dan Informa merupakan dua ritel yang saat ini menggunakan sistem email untuk tanda bukti belanja. Jika anda menerima bukti belanja dengan kertas thermal, simpanlah pada tempat yang aman dan terpisah seperti amplop, atau juga bisa langsung dibuang. Lebih aman, dijauhkan dari anak-anak agar tidak terpegang.

Hindari pembersih tangan berbahan dasar alkohol setelah terpapar tanda terima karena alkohol justru meningkatkan penyerapan BPA ke kulit.

Sumber: diolah dari beberapa sumber lainnya

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: