Penutupan Sejumlah Ruas Jalan di Ibukota Dimulai Senin, 30 Maret 2020

Scroll down to content

Angka kasus positif penularan virus corona (Covid-19) di Indonesia masih terus meningkat. Total per 29 Maret 2020 ada penambahan kasus baru positif sebanyak 130 sehingga jumlah sekarang 1.285 kasus positif. Hal ini dinyatakan oleh Achmad Yurianto selaku Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona.

Meningkatkan jumlah kasus Corona di Ibukota, membuat Kepolisian Daerah Metro Jaya menggelar simulasi karantina wilayah di DKI Jakarta pada Minggu, 29 Maret 2020. Dalam rapat itu, dituliskan akan diadakan simulasi penutupan sejumlah ruas jalan. Rencana simulasi tersebut tertuang dalam surat telegram Kapolda Metro Jaya bernomor ST/414/III/OPS.2/2020 tertanggal 28 Maret 2020.

Hal tersebut pun dibenarkan oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Argo Yuwono yang ditandatangani oleh Karo Ops Polda Metro Jaya Kombes Marsudianto. Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana memerintahkan seluruh Kapolres di wilayah hukum Polda Metro Jaya untuk membuat rencana pengamanan terkait penutupan jalan keluar-masuk Jakarta di tengah pandemi yang terjadi. Rencananya hal ini akan dilaksanakan mulai hari Senin, 30 Maret 2020.

Pihak kepolisian bakal menutup jalan atau mengalihkan arus kendaraan yang akan keluar dan masuk ke Jakarta. Rekayasa lalu lintas ini bertujuan untuk memetakan situasi keramaian lalu lintas di masing-masing wilayah. Nantinya juga kana ada pengamanan di sepanjang jalan atau jalur tol yang akan keluar atau masuk ke Jakarta.

Pengamanan dilaksanakan oleh personel Polda Metro Jaya bersama TNI dan Jasa Marga. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus menyebut simulasi itu dilakukan sebagai persiapan jika nantinya karantina benar akan diterapkan oleh pemerintah. Sampai dengan detik ini, pemerintah belum memutuskan untuk melakukan lockdown.

Pemerintah hanya menghimbau kepada warga untuk tetap melakukan social distancing, physical distancing, dan tidak ada karantine wilayah maupun lockdown. Pemerintah saat ini hanya latihan, untuk apapun yang akan terjadi kedepannya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: