Belanja Online Jadi Sumber Penyebaran Virus Corona

Scroll down to content

Guru Besar Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Purnawan Junaidi mengatakan bahwa penularan virus Corona atau Covid-19 melalui tiga sumber. Sumber tersebut adalah uang tunai, barang online, dan orang terdekat.

Uang tunai diyakini sebagai sumber penyebaran virus corona. Uang tunai merupakan alat pembayaran yang sah, yang akan selalu beredar dari tangan ke tangan, apalagi virus dapat bertahan lama di media kertas. Oleh karena itu, ada baiknya jika berbelanja menggunakan uang elektronik atau segeralah mencuci tangan jika menyentuh uang tunai. Opsi lainnya, kita dapat menggunakan sarung tangan plastik sekali pakai sehingga tangan tidak terkontaminasi oleh kuman. Saat ini, sudah banyak restoran-restoran yang tidak memperbolehkan pembayaran dilakukan dengan uang tunai dan hanya menerima pembayaran via uang elektronik. Jika memungkinkan, minimalkanlah pembayaran menggunakan tunai yah!

Hal kedua yang mempengaruhi adalah kegiatan jual beli barang secara online. Belanja Online dianggap sebagai salah satu sumber penyebaran virus corona di Indonesia. Membeli barang-barang dari e-commerce tidak dijamin adanya sterilisasi saat proses pengiriman barang dilakukan. Kita tidak dapat mengetahui apakah barang tersebut dikirim oleh Carrier (pembawa virus), dan bagaimana prosesnya saat pengantaran barang. Hal ini dianggap menjadi potensi sumber penularan.  Untuk teman-teman yang masih belanja menggunakan online, ada baiknya mensterilkan terlebih dahulu barang yang diterima dengan cara menyemprotkan barang tersebut dengan disinfektan, dan segeralah cuci tangan setelahmya.

Hal terakhir yang mempengaruhi penyebaran adalah orang terdekat. Pemerintah sudah menghimbau untuk melakukan social distancing atau physical distancing untuk satu sama lain. Tetapi, masih ada yang salah kaprah mengenai hal ini. Social distancing berlaku untuk seluruh orang, tak terkecuali orang terdekat atau keluarga terdekat seperti orang tua. Kita bisa saja menularkan virus tersebut kepada mereka yang sudah berumur atau tergolong lansia.  Karena dengan sehat pun belum tentu menjamin bahwa kita bukan Carrier (pembawa virus). Maka dari itu, lebih baik kita menjauh sedikit untuk sementara waktu dari keluarga terdekat kita, terutama orang yang lebih tua, agar tidak terjadi penularan.

Dengan melakukan hal ini, tentunya kita sangat mengharapkan dapat memutuskan rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia. Hindari terlalu sering membeli barang-barang online, dan hindari menyentuh uang tunai. Jangan lupa cuci tangan sesering mungkin. Salam 5 jari!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: