Menjadi tua adalah kenyataan yang tidak dapat dihindari. Semua orang pastinya akan menua karena bertambahnya umur setiap tahun. Yang bisa dihindari adalah, bagaimana caranya menua tanpa tidak terlihat tua, alias awet muda. Biasanya, tanda yang paling tampak mengalami penuaan adalah perubahan tekstur kulit, seperti garis-garis halus atau keriput di wajah atau bagian kulit lainnya. Banyak kebiasaan yang salah yang membuat proses penuaan lebih cepat. Berikut adalah faktor pemicu penuaan dini yang harus diketahui :

  • Sering marah-marah

Kemarahan dapat menyebabkan penuaan dini. Ketika sedang marah, kita tidak sadar bahwa rahang yang menjadi kaku, alis berkerut, dan bahu yang merosot. Hal ini dapat menyebabkan kulit wajah lama-lama terlihat berkerut dan terlihat tua.

  • Malas Perawatan Kulit

Penuaan identik dengan kulit. Malas membersihkan wajah dari kotoran, debu, dan sisa riasan, akan membuat kulit menjadi sembab. Setidaknya, pakailah pelembap setiap hari, karena kelembapan dapat mendorong regenerasi kulit.

  • Sering Konsumsi Junk Food

Junk food mengandung MSG (monosodium glutamat) yang tinggi dan gizi yang rendah. Zat penambah citarasa yang bersifat adiktif tersebut memiliki efek toksik dalam tubuh yang dapat memperkeras arteri atau menyempitkan pembuluh darah yang bisa melemahkan aliran darah ke kulit dan menyebabkan penuaan dini dan kerutan.

  • Merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab keriput terbesar. Menyedot rokok di mulut tidak hanya menyebabkan garis-garis halus, tetapi racun dari rokok itu sendiri dapat membuat kulit menua. Komponen kimia dalam tembakau dapat merusak jaringan kulit, menjadikan perokok lebih tua dari dalam maupun luar. Merokok dapat mengurangi elastisitas kulit, menyebabkan garis-garis halus pada wajah, bahkan dapat membuat rambut beruban.

  • Konsumsi Alkohol Berlebih

Minuman yang tidak baik bagi kulit antara lain alkohol dan soda. Zat yang terkandung dalam minuman alkohol menyebabkan kulit dehidrasi dan mengurangi kadar vitamin A dalam tubuh sehingga kulit tampak kering dan kusam.

Nah, untuk teman-teman Insan Peduli, terutama para wanita yang bahkan rela mengeluarkan kocek besar agar wajah terlihat awet muda, cukup lakukan hal diatas supaya kamu tidak mengalami penuaan dini yah. Jangan lupa untuk selalu rajin minum air putih. Salam glowing!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: