Manfaat Mengkonsumsi Madu Murni Untuk Kesehatan Tubuh

Scroll down to content

Madu murni sudah dianggap sebagai salah satu obat tradisional sejak zaman dadulu karena khasiatnya. Madu mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan yang berasal dari nektar yang dihasilkan oleh lebah. Madu alami jauh lebih berkhasiat ketimbang di kemasan yang telah tercampur oleh bahan-bahan lainnya. Madu asli juga mempunyai tekstur yang lebih kental daripada yang kemasan. Madu memiliki rasa manis yang khas karena mengandung unsur monosakarida fruktosa dan glukosa yang lebih baik ketimbang gula.

Madu sendiri juga mengandung kalori gula yang dapat menyerap lemak dengan baik, terutama apabila dikonsumsi bersamaan dengan air hangat. Hasil produsen lebah ini juga memiliki kandungan karbohidrat seperti sukrosa, maltrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Madu juga mengandung anti-oksidan dari senyawa chrysin, pinobaksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti :

  • Mencegah Diabetes. Diabetes adalah penyakit yang disebabkan kadar gula darah yang terlalu tinggi lantaran banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis. Ada baiknya mengganti gula dengan madu sebagai pemanis. Madu memiliki kombinasi fruktosa dan glukosa dapat membantu tubuh mengatur kadar gular darah.
  • Mencegah Kanker. Madu mengandung antioksidan tinggi yang dapat menangkal pertumbuhal sel-sel jahat dalam tubuh, seperti kanker. Tidak hanya itu, madu juga dapat pembentukan gumpalan darah, sehingga mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung.
  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh. Nutrisi dalam kandungan madu dapat merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh, memperbaiki metabolisme dan meningkatkan stamina.
  • Detoksifikasi. Madu dapat mendetoks bakteri yang dapat membuat tubuh mudah terserang penyakit. Itulah mengapa madu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal segala penyakit.
  • Menyembuhkan Luka. Madu tidak hanya baik dikonsumsi dari dalam tubuh, tetapi bisa dimanfaatkan sebagai obat luar. Madu dapat mengobati luka luar, termasuk luka akibat jatuh dan luka bakar.

Madu sejak dulu memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk mengecilkan perut buncit dan menurunkan berat badan. Konsumsi madu bisa dilakukan dengan mencampurkan madu dengan air hangat. Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, madu juga berkhasiat untuk kecantikan, mulai dari kulit, bibir, dan rambut.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: