Manfaatkan Sisa Makanan Dengan Gerakan Zero Waste Food

Scroll down to content

Saat ini banyak gerakan-gerakan kampanye untuk memelihara lingkungan sekitar dan bumi, salah satunya adalah gerakan zero waste. Gerakan zero waste bertujuan agar setiap orang dapat lebih bijak dalam menggunakan benda karena harus meminimalisir bahkan hingga mencapai nol sampah yang dapat merusak lingkungan sekitar termasuk laut. Gerakan zero waste tidak hanya untuk penggunaan benda saja,tetapi juga dapat diterapkan untuk makanan sehingga disebutlah zero waste food. Gerakan zero waste food, bertujuan agar seseorang dapat lebih menghargai dan memanfaatkan bahan makanan dengan baik. Berikut adalah cara mudah yang dapat kita lakukan untuk mendukung gerakan zero waste food dalam kehidupan sehari-hari :

  • Atur Porsi Makanan 

Kebanyakan memilih porsi makanan berujung di tempat sampah. Itulah mengapa penting untuk mengatur porsi makanan. Ambil dan pilihlan porsi makanan secukupnya, dan jangan mengambil makanan berjumlah banyak. Buatlah komitmen pribadi untuk selalu menghabiskan tiap makanan yang sudah tersedia untuk meminimalisir sampah makanan.

  • Simpan Makan dalam Keadaan Kedap Udara 

Salah satu penyebab makanan mudah berubah rasa dan kehilangan nutrisi serta kenikmatannya yaitu karena adanya udara yang masuk ke dalam tempat penyimpanan. Maka dari itu, sebaiknya simpan makanan di tempat yang mempunyai daya kedap udara, misalnya plastik zip atau wadah dengan penutup yang erat.

  • Bungkus Sayuran di Dalam Kulkas

Jangan pernah menyimpan sayuran dalam kulkas tanpa membungkusnya. Bersihkan sayur sebelum, lalu tiriskan hingga kering. Kamu dapat membungkus sayur tersebut dengan tissue dapur. Sayuran yang kering alami dan dibungkus tidak akan mudah layu dan membusuk.

  • Biasakan untuk Menanam Kembali Sayuran 

Tidak semua sayuran yang membusuk itu harus dibuang. Ada beberapa sayuran yang bisa ditanam kembali meski keadaannya sudah tidak layak dikonsumsi, contohnya batang sawi, wortel, sereh, dan batang daun bawang. Meski sudah tidak bisa diolah menjadi makanan, namun batang-batang sayuran tersebut akan tumbuh kembali menjadi sayuran yang baru.

  • Olah Sampah Makanan Jadi Pupuk Kompos 

Pupuk kompos adalah hasil penguraian bahan organik, baik makanan, sisa tanaman atau hewan dengan bantuan organisme hidup. Membuat kompos dapat mengurangi sampah makanan, dan dapat bermanfaat kelak untuk menyuburkan tanaman. Untuk kamu menanam batang-batang sayuran di point sebelumnya, kamu bisa menggunakan pupuk ini agar tanaman tersebut dapat tunbuh dengan baik.

Nah, mulai saat ini dihrapakan kita lebih bijak dalam mengolah dan mengonsumsi makanan demi kelestarian lingkungan sekitar dan bumi tercinta.

Sumber: Facetofeet

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: