Stretch mark adalah guratan yang sering nampak pada kulit bagian tubuh letak lemak terkonsentrasi, seperti di payudara, perut atas, lengan atas, pantat, dan paha. Stretch mark merupakan salah satu hal yang dapat membuat wanita was-was. Meskipun sebenarnya stretch mark bisa terjadi pada siapa saja, baik pada wanita maupun pada kaum pria. Tidak semua dapat orang mengalami stretch mark.  Pada umumnya, stretch mark terjadi karena tubuh berkembang lebih cepat yang mengakibatkan dermis (lapisan tengah kulit) menipis. Umumnya, guratan stretch mark pada awalnya berwarna merah, merah muda, atau ungu ini lama kelamaan akan berubah menjadi warna putih atau abu, dikondisikan pada warna kulit. Lapisan tengah kulit (dermis) akan menipis sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan, sehingga timbullah stretch mark.

Kondisi yang dapat mengakibatkan stretch mark antara lain:

  • Kehamilan.
  • Berat badan meningkat secara.
  • Masa pubertas.

Bagaimana caranya untuk meminimalisir tubuh agar tidak terbentuk stretch mark? Berikut adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan :

  • Menjaga berat badan akan memberikan pengaruh terutama pada saat masa pubertas, anak perempuan sering kali memiliki guratan kulit pada bagian pinggul, payudara dan paha.
  • Rajin mengkonsumsi Vitamin E sebagai antioksidan dan menjaga kerusakan sel kulit akibat radikal bebas. Vitamin E juga dapat membantu merawat kecantikan kulitdan membantu proses perbaikan sel.
  • Rutin Berolahraga tidak hanya menjaga kesehatan tubuh atau menurunkan berat badan, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit. Saat berolahraga, sirkulasi darah menjadi lebih lancar sehingga membantu proses pergantian sel kulit dan juga meningkatkan produksi kolagen. Kolagen merupakan jenis protein yang membuat kulit kenyal dan kencang sehingga tidak gampang memiliki guratan.

Stretch mark biasanya dapat menghilang seiring waktu dan umumnya tidak membutuhkan penanganan khusus. Nah, coba dilihat apakah ada bagian tubuhmu yang mengalami stretch mark? Jika ya, kamu bisa coba lakukan poin diatas untuk meminimalisir hal tersebut yah!

Photo by BeuatyLogica

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: