Makan Sedikit Tapi Gemuk? Apa Yang Salah?

Scroll down to content

Hanya makan sedikit tapi badan menjadi gemuk, siapa yang merasakan hal ini? Jika kamu salah satunya yang mengalami hal tersebut, kamu harus mengetahui penyebabnya. Ada beberapa orang yang makan banyak tetapi berat badan tetap ideal. Ada pula yang makan sedikit namun bertambah gemuk. Penyebabnya tidak selalu ada pada faktor makanannya, melainkan faktor lainnya, seperti :

  • Salah Memilih Makanan

Penting untuk mengetahui makanan apa yang masuk ke tubuh. Jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan kalori, maka tubuh mudah menjadi gemuk. Gula dan kalori tidak akan membuat seseorang gemuk jika mengetahui takaran idealnya. Tetapi jika berlebihan, tentu saja membuat timbangan bergerak ke kanan.

  • Kurang Tidur

Tidur merupakan satu hal yang selalu luput dari perhatian. Kualitas dan jam tidur yang kurang menjadi salah satu penyebab tubuh jadi gemuk. Kurang tidur dapat memicu turunnya fungsi hormon ghrelin dan leptin, yakni hormon yang mengendalikan nafsu makan dalam tubuh sehingga akan lebih gampang lapar. Selain itu, metabolisme tubuh juga menurun sehingga berat badan lebih mudah naiknya.

  • Kurang Bergerak

Jika kamu tidak menyukai olahraga, setidaknya cobalah untuk melakukan jalan 10.000 langkah dalam sehari. Hal ini akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Jika kamu bekerja dan kesulitan melakukan 10.000 langkah ini, kamu bisa mencoba Misalnya dengan melalukan gerakan berdiri dan duduk setiap 1 jam sekali.

  • Obat-oabatan

Ada beberapa kandungan dalam obat-obatan yang dapat menyebabkan penambahan berat badan sebagai efek samping. Beberapa diantaranya justru dapat membuat nafsu makan bertambah.

  • Stres

Ketika sedang banyak pikiran atau stress, maka hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat, dan dapat memicu terjadinya penumpukkan lemak di bagian perut secara cepat, walaupun sebenarnya hanya makan dengan porsi sedikit.

  • Kehamilan

Kehamilan terkadang membuat para wanita yang sengaja makan lebih banyak untuk mendukung pertumbuhan bayi. Selama kehamilan, sebagian besar wanita menambah berat badan saat bayi tumbuh. Berat badan ekstra ini terdiri dari bayi, plasenta, cairan ketuban, peningkatan suplai darah, dan rahim yang membesar.

Nah, untuk kamu yang merasa gemuk padahal sudah makan sedikit sekali, coba perhatikan apakah pola hidup dan gaya makan mu sudah sesuai atau belum. Kamu bisa perbaiki dari hal yang termudah. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: