Kota Wuhan di provinsi Hubei sudah resmi mengakhiri masa lockdown pada Rabu, 8 April setelah penetapan lockdown semenjak bulan Januari lalu. Wuhan merupakan kota yang pertama kali dilakukan lockdown total akibat Virus Corona. Tepat pada 8 April, lalu lintas Wuhan sudah kembali dibuka dan aktivitas masyarakat kembali normal.  Untuk merayakan peristiwa kebebasan ini, Kota Wuhan menampilkan pertunjukkan lampu di gedung-gedung pencakar langit pada malam sebelumnya. Mereka memberikan penghormatan kepada tenaga kesehatan yang sudah mempertaruhkan nyawa semenjak diserangnya wabah Covid-19.

Sungai Yangtze, menjadi momentum dimana para warga Wuhan menikmati pertunjukkan itu. Lebih dari 90% pabrik dan perkantoran sudah kembali normal untuk aktifitas operasional. Banyak juga penduduk yang sudah berpergian ke kota lain. untuk warga yang berpergian, mereka juga wajib menunjukkan kartu pengenal berwarna hijau dari rumah sakit sebagai bukti mereka sudah sembuh total. Tidak hanya itu, surat dari kantor berupa QR Code juga harus discan di beberapa tempat untuk orang-orang yang kembali bekerja. Tanpa surat dan kartu hijau tersebut, menandakan mereka masih butuh isolasi dan tidak boleh berpergian keluar. Maskapan penerbangan Xiamen Air, menjadi pesawat pertama yang mendarat di Wuhan semenjak 76 hari kota Wuhan di lockdown.

Meskipun Kota Wuhan sudah dapat merayakan kebebasan mereka, mereka tidak lengah akan adanya adanya aktifitas wabah susulan gelombang kedua. Apalagi, kebanyakan pasien positif susulan, sudah tidak memiliki gejala apapun atau asimptomatik. Beberapa pihak tetap meminta masyarakat untuk memperhatikan orang yang keluar masuk wilayah mereka serta tetap melaksanakan pengecekan suhu.  Banyaknya kasus kematian akibat Covid-19 ini telah meninggalkan luka psikis. Seperti yang diketahui, ada lebih dari lebih dari 80.000 kasusCovid-19 yang terjadi di Cina daratan, dan sekitar dua pertiganya berada di Wuhan.

Tantangan bagi Wuhan saat ini adalah dengan mengidentifikasi pasien asimptomatik dan melacak pasien yang pulih setelah dinyatakan negatif. Hal ini didukung karena adanya laporan sekitar 34 kasus tambahan tanpa gejala. Namun, sudah lebih dari 90 persen area Wuhan sekarang diklasifikasikan sebagai area bebas virus Corona. Akhirnya, setelah perjalanan panjang isolasi didalam rumah, seluruh warga bisa merasakan kembali udara segar. Bukan hal yang mudah berjuang di rumah selama 76 hari tanpa keluar sedikitpun. Welcome Back, Wuhan!

Photo by Screenshoot From CCTV News China TVN

One Reply to “Welcome Back, Wuhan!”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: