Ketahui Protokol Penanganan Pasien Covid-19

Scroll down to content

Gejala awal  bagi pasien yang terinfeksi virus Covid-19 pada umumnya adalah demam, kelelahan, dan batuk kering. Bahkan untuk gejala-gejala yang parah dapat mengalami sakit dan nyeri pada tubuh, dan sesak nafas atau sulit bernafas. Parahnya, ada sebagain orang tidak merasakan sama sekali gejala ini sama sekali atau asimptomatik. Dilansir dari laman Kemenkes RI, lansia yang terjangkit dan  memiliki masalah medis seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung atau diabetes, lebih mungkin untuk berkembang menjadi penyakit serius. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia telah menerbitkan Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19.

1. Jika pasien merasa tidak sehat dengan kriteria :

a.  Demam 38º Celcius

b. Batuk atau pilek

Maka cukup beristirahat di rumah. Bila keadaan memburuk seperti  kesulitan bernafas, segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) dengan menggunakan masker, menutup mulut dan hidung dengan tisu atau punggung lengan ketika bersin atau batuk, dan tidak menggunakan transportasi umum.

2. Tenaga kesehatan (nakes) di fasyankes akan melakukan screening suspect Covid-19, apakah pasien memenuhi kriteria suspect Covid-19 atau tidak.

3. Jika pasien memenuhi kriteria suspect, maka :

– Pasien akan dirujuk ke salah satu rumah sakit rujukan yang siap untuk menangani virus ini.

– Pengantaran ke RS Rujukan menggunakan ambulans fasyankes didampingi oleh nakes yang pastinya akan menggunakan alat pelindung diri.

– Di RS rujukan, akan dilakukan pengambilan spesimen untuk pemeriksaan labolatorium dan akan dirawat di ruang isolasi sampai dengan dinyatakan negatif.

– Spesimen akan dikirim ke Badan Penelitian & Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) di Jakarta dan hasil akan diterima 24 jam setelah spesimen diterima.

– Jika hasil tersebut positif, pasien akan dinyatakan sebagai penderita Covid-19 dan sampel akan diambil setiap hari untuk dipantau.

– Pasien akan dikeluarkan dari ruang isolasi, jika pemeriksaan sampel sebanyak 2 (dua) kali berturut-turut dinyatakan negatif.

4. Jika pasien TIDAK memenuhi kriteria suspect,  maka pasien akan dirawat sesuai dengan penyebab penyakitnya.

5. Jika pasien sehat, namun ada riwayat berpergian 14 hari sebelum ke negara yang terjangkit Covid-19 atau pernah merasa kontak dengan penderita Covid-19, segera hubungi Hotline Centre Corona untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut melalui telepon 119 ext 9.

Angka peningkatan terjangkitnya Covid-19 semakin meningkat setiap harinya. Untuk seluruh insan peduli, diharapkan selalu menjaga imunitas tubuh masing-masing. Rajinlah mengkonsumsi buah dan sayuran sebagai penambah vitamin alami untuk tubuh. Tetap #dirumahaja agar tidak terkontak dengan Carrier (pembawa virus). Meningat, bahwa sekarang banyak pembawa virus tanpa gejala, atau asimptomatik. Gunakan masker, rajinlah mencuci tangan, dan hindari kontak langsung dengan siapapun.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: