Langkah Pencegahan Utama Covid-19

Scroll down to content

Setiap hari, kasus positif pasien Covid-19 terus bertambah. Berbagai upaya sudah dilakukan oleh pemerintah seperti social distancing, physical distancing, rapid test, menyiapkan tempat cuci tangan di tempat umum, meniadakan kegiatan sekolah dan bekerja dari rumah baik negeri maupun swasta. Baik pemerintah maupun masyarakat sudah sangat kooperatif menyikapi kebijakan ini. Namun, pada kenyataan upaya tersebut masih dinilai belum maksimal karena angka penyebaran terus meningkat. Akhirnya, pemerintah terpaksa melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang akan dimulai pada 10 April. Upaya tersebut tentunya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Selama masa PSBB yang akan dilakukan dalam waktu 14 hari mendatang, diharapkan angka pasien terjangkit dalam mengalami penurunan. Tentunya hal ini juga harus didukung oleh masing-masing warga, dengan cara tetap menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Berikut merupakan 6 cara sederhana yang dapat di lakukan selagi berada di dalam rumah.

  • Pertahankan Imunitas Tubuh

Situasi pandemi saat ini, sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh. Virus akan gampang menyerang tubuh jika imunitas tubuh lemah. Menjaga imunitas tubuh dapat dilakukan dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah, beristirahat yang cukup 8 jam tidur, olahraga ringan selama 30 menit, minum air mineral minimal 1,5 liter per hari.

  • Cuci Tangan

Cuci tangan adalah tindakan wajib yang harus dilakukan oleh seluruh orang, tanpa terkecuali. Sebab, tangan merupakan salah satu pembawa bakteri dan kuman dan merupakan sumber penyakit. Cucilah tangan sesering mungkin, setelah dan sebelum melakukan sesuatu. Lakukan langkah mencuci tangan dengan benar sesuai dengan panduan WHO atau klik disini untuk mengetahui langkah-langkah tersebut. Jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, gunakanlah sanitizer tangan sebagai opsi kedua.

  • Jangan Menyentuh Bagian dari Wajah

Tangan merupakan sumber penyakit karena tangan selalu melakukan kontak dengan sesuatu. Itulah mengapa anjuran WHO menyarakan untuk rajin mencuci tangan. Tangan bisa jadi menjadi kotor karena melakukan kontak dengan benda ataupun orang lain, dan virus Covid-19 yang berdiam ditangan akan masuk melalui wajah manusia yakni mata, hidung, dan mulut. Itulah sebabnya, dilarang untuk menyentuh wajah dengan tangan kotor. Jika terpaksa harus menyentuh bagian dari wajah, pastikan terlebih dahulu bahwa tangan sudah dalam keadaan bersih setelah dicuci dengan sabun.

  • Tutup Mulut dan Hidung Ketika Bersin atau Batuk

Cairan yang keluar dari mulut ketika bersin atau batuk merupakan media penularan virus Covid-19. Maka dari itu, penting untuk membiasakan diri menutup hidung dan mulut ketika bersin, menggunakan tissue atau kain. Setelahnya, buanglah tissue tersebut ke tempat sampah atau cucilah kain tersebut hingga bersih. Cara dilakukan tidak hanya di tempat umum, namun juga harus diterapkan ketika berada di dalam rumah, untuk menjaga anggota rumah dari penularan virus Covid-19 ini.

  • Memakai Masker

Menggunakan masker dapat meminimalisir penularan virus Covid-19. Cara dalam menggunakan masker juga harus diperhatikan. Untuk penggunaan masker medis, tidak diperkenankan menggunakannya berulang kali, karena masker medis yang sudah digunakan sudah mengandung banyak bakteri dan kuman, sehingga harus dimusnahkan setelahnya. Jika menggunakan masker kain, pastikan kamu mempunyai cukup persediaan masker untuk digunakan bergantian, ketika masker lainnya dicuci. Pastikan kuman dan bakteri dalam masker kain tersebut sudah mati, dengan cara menjemurnya dibawah terik matahari.

  • Hindari Interaksi Langsung

Menghindari interaksi bisa dilakukan dengan lawan bicara maupun antara penjual dan pembeli. Hindari kontak seperti mencium pipi, berpelukan, dan berjabat tangan. Jangan lupa untuk menjaga jarak 1 meter. Untuk para penjual dan pembeli juga dapat meminimalisir kontak langsung, dengan melakukan pembayaran non-tunai. Jika diharuskan untuk memegang uang tunai, gunakanlah sarung tangan plastik, dan jangan lupa untuk mencuci tangan sampai bersih setelahnya.

Nah, inilah 6 cara efektif yang bisa teman-teman lakukan dalam mendukung upaya pencegahan pandemi ini. Mari kita lakukan bersama, demi kesehatan dan keselamatan negeri kita tercinta, Indonesia. Tentunya kita sangat berharap, pandemi ini segera berakhir agar situasi dapat kembali normal seperti sedia kala.

Jika kamu sudah mulai merasa tidak enak badan, atau mengalami gejala-gejala virus corona seperti demam, batuk, pilek, sesak nafas, sakit tenggorokan, lemas, segeralah ke rumah sakit untuk memeriksakan kondisi kesehatanmu. Kamu bisa menghubungi call center Covid-19 melalui telepon ke 112 (khusus Jakarta). Jangan lupa untuk selalu #dirumahaja agar terhindari dari penularan ini.

#StaySafe #StayAtHome

Photo by TeleHealth

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: