Apakah Kamu Termasuk Salah Satu Orang Yang Rentan Terjangkit Covid-19 ?

Scroll down to content

Virus Covid-19 menyebar hampir di seluruh dunia tepatnya di 212 negara, termasuk Indonesia. Virus Covid-19 menyebar sangat cepat dan membuatnya menjadi pandemi di tahun 2020 ini. Penyebaran melalui orang ke orang, maupun media ke orang seperti plastik, kardus, besi, kertas, kaca, kayu, alumunium, dan lain sebagainya. Penyebaran virus ini sama sekali tidak membedakan suku dan ras, bahkan anak-anak dan bayi pun bisa terjangkit.  Sebagian penderita virus corona baru atau Covid-19 ada yang hanya mengalami gejala ringan.

Bahkan, tak sedikit pula yang justru tidak mengalami gejala sama sekali walaupun sudah positif terinfeksi virus corona. Namun, ada beberapa kelompok yang cenderung lebih rentan terjangkit virus Covid-19 ini, apalagi untuk pasien yang menderita penyakit tambahan seperti diabetes, kanker, tekanan darah tinggi, dan lainnya.

Berikut adalah kumpulan orang-orang yang rentan terjangkit Virus Covid-19 :

·      Lansia

Salah satu kelompok yang paling rentan terinfeksi virus corona adalah lansia yang  berusia 60 tahun ke atas. Bertambahnya usia, tentu saja membuat tubuh juga mengalami berbagai penurunan fungsi akibat proses penuaan. Salah satunya adalah sistem imun sebagai pelindung tubuh. Sistem imun tubuh pada lansia tidak dapat bekerja dengan maksimal. Akibatnya, lansia menjadi rawan dan gampang dihinggapi bakteri atau virus penyebab penyakit, termasuk virus Covid-19. Kematian pada lansia paling banyak terjadi di Italia.

  • Mempunyai Riwayat Penyakit Tertentu

Penyakit kronis juga menyebabkan kondisi kesehatan penderitanya menurun secara bertahap. Misalnya diabetes, infeksi pernapasan akut, asma, penyakit jantung, hipertensi, kanker, serta kondisi medis lainnya yang menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga rentan terinfeksi penyakit, termasuk virus corona. Biasanya, ini mulai dirasakan saat menginjak umur 40 tahun. Orang yang rentan terinfeksi Covid-19 dan memiliki berisiko lebih tinggi untuk mengalami gejala berat.

·      Tenaga Medis di Rumah Sakit

Tenaga medis di rumah sakit meliputi dokter dan perawat, karena melakukan kontak langsung dengan pasien yang terinfeksi virus corona. Tenaga medis mempunyai risiko yang sangat tinggi. Maka dari itu, seluruh petugas media diwajibkan menggunakan prosedur, protokol, dan penggunaan alat pelindung diri untuk mencegah penularan virus corona. 

·      Wanita Hamil

Wanita dalam masa kehamilan biasanya mengalami perubahan dalam tubuh yang mungkin dapat meningkatkan risiko tertular Covid-19 dan infeksi pernapasan lainnya. Kondisi tubuh wanita semasa kehamilan, cenderung melemah dan rentan terkena berbagai macam penyakit. Nah, jika kamu sedang dalam masa kehamilan, maka sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit, tetap berada dirumah, dan jauhi kerumunan umum. Selain itu, bersihkan tangan sesering mungkin dengan sabun dan air atau pembersih tangan yang mengandung alkohol.

Baik lansia, orang yang mempunyai riwayat penyakit serius, anak-anak dan wanita hamil semua dapat terhindari dari penularan ini. Cukup ikuti anjuran pemerintah untuk tetap #dirumahaja dan tidak melakukan kontak dengan siapapun selama masa darurat corona berlangsung. Perkuatlah imunitas tubuh dengan mengkonsumsi buah dan sayuran atau suplemen tambahan untuk daya tahan tubuh. Lakukan aktifitas lain untuk membunuh rasa bosan didalam rumah. Dengan melakukan ini, semoga kita semua bisa terhindar dari Covid-19.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: