Sering Mendengar Nyamuk Terbang di Telinga? Ini Alasannya

Scroll down to content

Nyamuk merupakan salah satu serangga yang paling menyebalkan. Pasalnya, kehadiran nyamuk sangat menganggu karena gigitannya dapat membuat kulit gatal, luka, hingga berbekas. Serangga ini bertahan hidup dengan menghisap darah manusia untuk bertelur. Nyamuk memang tidak mengeluarkan suara bahkan ketika terbang, tetapi pernahkah kita mendengar suara dengungan nyamuk di telinga kita? Tentunya suara dengungan tersebut sangat menggangu, apalagi ketika kita sedang ingin beristirahat. Faktanya, nyamuk memang sering terbang di sekitar telinga manusia. Mengapa demikian? Simak faktanya berikut ini :

  • Nyamuk Menyukai Bau Manusia

Nyamuk menyukai aroma tubuh manusia. Biasanya nyambuk menyukai bau keringat yang keluar dari kelenjar keringat di sekitar kepala. Maka dari itu, nyamuk sangat suka terbang di area kepala, bahkan telinga. Pernahkah kamu melihat nyamuk berterbangan diatas kepala seseorang? Hal tersebut dikarenakan adanya keringat yang menempel di rambut sehingga mengundang banyak nyamuk datang dan berkeremunun di atas kepala. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membersihkan rambut dengan shampoo ketika selesai berkeringat.

  • Hawa Panas Tubuh

Suhu di sekitar telinga adalah area yang paling konstan dan lebih tinggi dibanding bagian tubuh lainnya, karena memiliki suhu hampir mendekati suhu tubuh inti. Tubuh biasanya akan otomatis mengontrol suhu bahkan ketika kita sedang tidur atau kedinginan. Hawa panas tubuh yang dikeluarkan oleh telinga mengundang banyak nyamuk untuk mendekat, apalagi hawa panas di sekitar telingat sangat tinggi, nyamuk akan semakin suka.

  • Menyukai Hembusan Nafas Manusia

Nyamuk sangat menyukai bau karbondioksida. Ketika kita bernafas, kita mengambil oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Hembusan karbon dioksida mengundang nyamuk untuk mendekat, terutama pada orang dewasa. Inilah alasan mengapa nyamuk sangat suka terbang di sekitar kepala, seperti telinga, dan area wajah.

Beberapa orang berpendapat bahwa nyamuk suka terbang diatas kepala seseorang, karena nyamuk menyukai kegelapan, seperti rambut. Faktanya, nyamuk hanya menyukai rambut yang mengeluarkan bau keringat. Nah, setelah membaca ini semoga pengetahuan kita semakin bertambah yah!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: