Ketahui Kelemahan Dari Virus Covid-19

Scroll down to content

Tingginya angka pasien yang terjangkit Covid-19 di Indonesia semakin meningkat setiap harinya. Baik pemerintah dan warga bekerjasama untuk membuat pedoman-pedoman untuk menyelamatkan diri dari ancaman pandemi ini. Sampai sekarang pun, belum ada vaksin khusus untuk mengatasi pandemi ini. Pemerintah juga menyarankan agar warga tidak panik dan khawatir pada virus ini, karena akan memiliki dampak buruk pada penurunan daya tahan tubuh. Pernahkan anda mendengar bahwa ada satu keluarga yang positif terjangkit, tetapi anak ataupun asisten rumah tangganya dinyatakan negatif? Hal tersebut bisa terjadi, karena virus ini memiliki kelemahan. Nah, alih-alih panik, lebih baik kita fokuskan untuk melemahkan kekuatan dari virus corona ini, sehingga kita bisa melindungi diri kita sendiri dengan cara berikut :

  • Hancur Jika Terkena Sabun

Virus dapat hancur dan mati seketika ketika terkena sabun. Itulah mengapa, dianjurkan untuk mencuci tangan sesering mungkin, karena tangan merupakan sumber virus, kuman dan bakteri. Dengan mencuci tangan, viruspun akan hancur. Virus membutuhkan protein untuk memperbanyak diri dan lapisan lemak sebagai pelindung. Jika lapisan lemak ini hancur terkena sabun, maka virus tidak dapat memperbanyak diri dan akan hancur seketika. Dengan rajin mencuci tnagan, kemungkinan virus berpindah media akan semakin kecil.

  • Dikalahkan oleh Antibodi

Infeksi dari Covid-19 bisa terjadi dari gejala ringan hingga parah. Jika hanya gejala ringan, infeksi bisa sembuh dengan sendirinya selama daya tahan tubuh baik dan sehat. Antibodi digunakan oleh tubuh sebagai senjata untuk melawan virus Covid-19. Maka dari itu, disarankan untuk menjaga daya tahan tubuh dengan konsumsi vitamin dan buah-buahan yang rutin.

  • Musnah dengan Disinfektan

Virus Covid-19 ini biasa menempel pada permukaan-permukaan yang sering dipegang oleh manusia seperti kaca, plastik, kayu, kardus, dan lainnya. Virus-virus pada media ini bisa dibasmi dengan disinfektan dengan kadar alkohol 60-70% yang mengandung hidrogen peroksida atau sodium hipoklorit. Maka dari itu, rutinlah membersihkan permukaan benda yang sering disentuh seperti gagang pintu, meja kerja, gadget, dompet dengan menyemprotkan cairan disinfektan. Virus tidak akan menimbulkan infeksi jika menempel pada permukaan. Maka dari itu, virus hanya mampu bertahan beberapa hari saja pada permukaan tersebut. Jangan lupa untuk menggunakan disinfektan yang sudah mengantongi ijin dari pemerintah.

  • Terbunuh Pada Suhu Panas

Menurut WHO, virus SARS dapat terbunuh pada suhu 56ÂșC. Karena virus Covid-19 ini merupakan salah satu keluarga dari SARS, maka kurang lebih virus ini juga dapat terbunuh pada suhu panas.

Nah, dengan mengetahui kelemahan dari virus Covid-19 ini, kita dapat menyiapkan pencegahan agar terhindar dari penularan virus ini. Jangan lupa untuk selalu sehat, selalu menjaga jarak aman 1 meter dengan yang lainnya. Salam sehat!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: