Ponsel Merupakan Salah Satu Sumber Bakteri dan Penyebab Masalah Kulit

Scroll down to content

Selama masa tenang Covid-19, banyak orang yang mengisi aktifitas dengan melakukan sesuatu seperti menonton televisi, membuat aneka kue dan makanan, dan tentunya setiap orang tidak akan pernah lepas dari ponsel masing-masing. Ada yang menggunakan ponsel untuk bekerja, berkomunikasi, bermain game, media sosial dan lainnya. Menggunakan ponsel dalam waktu yang cukup lama, dapat mengakibatkan masalah pada kulit, terutama pada area-area seperti tangan dan wajah, diantaranya adalah :

  • Kerutan

Techneck merupakan istilah yang digunakan untuk orang yang mempunyai kerutan di bawah dagu dan sekitar leher. Biasanya techneck ini terjadi kepada orang-orang yang sering melihat ponsel dengan pandangan kebawah dalam jangka waktu yang lama. Tanpa kita sadari, ketika kita menyipitkan mata ketika melihat ponsel, hal ini juga mengakibatkan terjadinya techneck di sekitar mata.

  • Alergi kulit

Pada casing ponsel, terdapat kandungan nikel dan kromium. Jika kamu merasa kulitmu berubah menjadi kemerahan akibat terlalu lama memegang ponsel, bisa jadi itu karena alergi kulit yang terjadi akibat casing ponsel. Kandungan nikel dan kromium tersebut menyebabkan dermatitis kontak alergi yaitu sebuah bentuk reaksi pada kulit.

  • Jerawat

Apapun aktifitasnya, ponsel pasti berada tidak jauh dari kita. Ketika makan, berbelanja, atau sedang di toilet pun kita pasti memegang ponsel. Tanpa kita sadari, ponsel sebenarnya adalah pembawa kuman dan bakteri bagi diri kita sendiri. Ketika kita menerima panggilan telepon, tentunya ponsel akan menyentuh bagian wajah, sehingga bakteri akan berpindah dan jika bakteri tersebut menumpuk akan berakhir dengan jerawat.

Banyak orang yang seakan meremehkan hal ini. Dampak yang ditimbulkan tidak dalam masa sekarang, melainkan masih dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu, penting untuk meminimalisir hal-hal tersebut agar tidak terjadi di kemudian hari. Gunakan headset ketika menggunakan ponsel untuk jangka waktu yang lama. Dimasa pandemi saat ini, selain membersihkan tangan juga penting untuk membersihkan ponsel. Ponsel merupakan media utama bagi kuman dan bakteri berpindah tangan dan bermutasi dengan jenis bakteri lainnya terutama jika kita sering meletakkan ponsel Anda di tempat-tempat kotor rawan kuman dan bakteri. Untuk membersihkan ponsel, bisa menggunakan pembersih alkohol atau dengan tissue anti bakterial secara teratur.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: