Waspada Jika Sering Merasa Lelah, Pertanda Kanker Dalam Tubuh Sedang Berkembang

Scroll down to content

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh . Pertumbuhan sel abnormal ini dapat merusak sel normal di sekitarnya dan di bagian tubuh yang lain. Kanker merupakan penyebab kematian kedua terbanyak di seluruh dunia. Penyebab utama kanker adalah perubahan mutasi genetik pada sel, yang membuat sel menjadi abnormal. Kanker sering menyebabkan kematian karena umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala pada awal perkembangannya.

Biasanya, seseorang mengetahui dirinya terkena kanker setelah pemeriksaan, dan dinyatakan sudah stadium lanjut. Untuk itu, penting mengetahui gejala-gejala kanker sejak dini yang terkadang terabaikan. Beberapa gejala-gejala kanker diantaranya seperti :

  • Rasa sakit pada bagian tubuh tertentu

Nyeri berlebihan atau berkepanjangan dapat menjadi pertanda adanya kanker pada bagian tubuh tertentu. Misalnya sakit kepala yang terjadi secara terus-menerus dapat menjadi tanda adanya tumor pada otak, dan nyeri punggung dapat menandakan kanker ovarium, kanker usus atau kanker dubur.

  • Perubahan pada mulut

Kanker mulut sering terjadi pada perokok yang ditandai dengan adanya bercak merah cerah, abu-abu, atau kuning di dalam mulut dan lidah, mulut bengkak, mulut berdarah dan keram pada mulut atau bagian wajah.

  • Tenggorokan sakit saat menelan

Ketika sedang batuk atau mengalami radang ternggorokan, wajar saja bila tenggorokan sakit ketika menelan. Tetapi, jika hal tersebut terjadi berkepanjangan, bisa jadi ini adalah salah satu tanda munculnya kanker pada tubuh. Terutama jika disertai muntah atau penurunan berat badan dalam waktu yang singkat.

  • Batuk darah

Batuk yang berlangsung lama hingga lebih dari empat minggu dan disertai darah dapat menjadi gejala kanker paru-paru. Bisa disertai dengan kehilangan nafsu makan, kelelahan berlebihan, dan penurunan berat badan.

  • Nyeri ulu hati

Nyeri ulu hati yang tidak kunjung reda dan terasa sangat mengganggu, serta tidak berkurang dengan pengobatan biasa, dapat menjadi gejala adanya kanker ovarium, kanker tenggorokan, dan kanker lambung.

  • Perut kembung dan Sering Sakit Perut

Perut yang terasa penuh dan terasa sering sakit, atau diikuti dengan perdarahan dari vagina, serta penurunan berat badan secara signifikan bisa jadi merupakan tanda adanya kanker usus, kanker pankreas, atau kanker ovarium.

  • Gangguan buang air

Masalah-masalah seperti buang air besar yang sulit, atau feses berdarah saat buang air besar dan perubahan yang aneh pada feses dalam jangka waktu panjang, dapat menjadi pertanda adanya penyakit serius pada sistem pencernaan, seperti kanker usus, kanker ginjal, atau kanker kandung kemih.

  • Perdarahan di antara waktu menstruasi

Perdarahan di luar waktu menstruasi atau menstruasi yang memanjang, dengan jumlah darah yang berlebihan dapat menjadi pertanda adanya kanker endometrium atau kanker pada dinding rahim

  • Perubahan pada kulit

Kanker kulit dapat ditandai dengan perubahan warna kulit, kemerahan pada kulit, permukaannya menjadi keras atau bersisik, adanya tahi lalat yang terus bertambah ukurannya, atau timbulnya benjolan mencurigakan pada permukaan kulit.

  • Perubahan pada payudara

Kanker payudara yang terjadi pada pria dan wanita memiliki gejala yang serupa, yaitu dimulai dengan adanya benjolan pada payudara, kulit payudara berkerut menyerupai kulit jeruk dan berwarna kemerahan, terasa nyeri, dan adanya cairan atau darah yang keluar dari puting.

  • Berat badan turun secara drastis

Penyakit kanker pankreas, kanker lambung, dan kanker paru-paru umumnya timbul dengan gejala awal berupa penurunan berat badan secara drastis. Penurunan berat badan ini terjadi tanpa usaha dan dalam waktu singkat.

  • Demam berkepanjangan

Penyakit leukemia atau kanker darah lain umumnya diawali dengan gejala demam berkepanjangan yang tidak kunjung sembuh, tanpa sebab yang jelas.

Gejala-gejala diatas wajar sudah pernah dialami oleh setiap orang. Tetapi, jika gejala tersebut terjadi dalam waktu yang lama dan berkepanjangan, maka kamu patut mewaspadainya. Semakin cepat kanker dideteksi, semakin tinggi pula kemungkinannya untuk bisa diobati. Salah satu gejala kanker sedang berkembang adalah kelelahan yang tidak kunjung reda. Jadi, kita kamu sering merasa lelah setiap saat bahkan setelah beristirahat, segera periksakan kesehatanmu ke dokter.  Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, serta  menjalani pola hidup yang sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rajin berolahraga, tidak merokok, dan tidak minum alkohol.

Sumber: diambil dari sumber lainnya

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: