Mata ibarat jendela dunia. Salah satu indera yang paling penting untuk melihat. Mata melihat dengan cara menyesuaikan jarak dan cahaya. Fungsi pada mata dapat menurun seiring dengan bertambahnya usia, serta adanya gangguan pada mata yang tidak dapat dikontrol. Seiring dengan bertambahnya usia, kacamata dibutuhkan untuk membantu penglihatan. Inilah pentingnya memiliki mata yang sehat, sehingga dapat meilihat sesuatu tanpa bantuan apapun. Sejak dini, penting untuk mengetahuu bagaimana ciri mata yang dikategorikan sebagai mata yang sehat, antara lain :

  • Kedipan Mata

Mata yang sehat berkedip sebanyak 10-15 kali setiap menit. Kedipan yang normal berlangsung cepat, kurang lebih 1/3 detik atau 300-400 milidetik.

  • Kedutan Mata

Kedutan merupakan gangguan otot kelopak mata yang kerap terjadi. Kedutan yang tidak berbahaya dapat hilang dengan sendirinya. Sedangkan kedutan yang terjadi terus-menerus dapat menandakan adanya gangguan saraf yang serius.

  • Kelopak Mata

Kelopak mata yang sehat dapat menutup seluruh bagian mata dengan sempurna dan dapat membuka dengan mudah, tanpa adanya kontraksi pada mata.

  • Mengeluarkan Air Mata 

Mata dilengkapi dengan kelenjar air mata dan kelenjar minyak (kelenjar Meibom) yang membuatnya tetap lembap dan tidak mudah iritasi. Jika mata kering dan terasa perih, itu berbahaya bagi mata.

  • Mata Tidak Merah

Selaput bening mata atau disebut konjungtiva merupakan bagian yang tidak berwarna dan tampak jernih. Jika ada kemerahan pada bagian tersebut, berarti mendadakan adanya infeksi, iritasi, alergi, atau perdarahan.

Jika kamu sudah memiliki mata sehat, rawat dan jagalah mata kamu dengan baik, karena mata merupakan aset yang penting bagi manusia. Ingat, mata yang bermasalah dapat menghambat aktifitas sehari-hari. Mengkonsumsi makanan sehat dan tidak merokok dapat membantu menjaga kesehatan mata. Makanan yang sehat mengandung antioksidan bagi kesehatan mata dan tidak merokok dapat menurunkan resiko terjadinya katarak dan gangguan mata lainnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: