Melacak Potensi Media Sumber Virus Corona

Scroll down to content

Batuk dan bersin merupakan cara yang paling mungkin untuk penularan virus Covid-19 secara langsung. Tidak hanya tangan, pakaian seperti baju dan celana bisa menjadi media untuk penularan virus ini, terutama bagi orang-orang yang berisiko tinggi seperti petugas kesehatan atau tenaga medis. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, virus Covid-19 ini mampu bertahan hidup pada permukaan benda yang berbeda-beda, di mana dapat berisiko menularkan virus penyakit jika ada orang yang menyentuhnya. Virus dapat bertahan beberapa jam hinga beberapa hari, tergantung pada permukaan benda tersebut. Semakin lembap permukaan tersebut, semakin baik virus tersebut akan berkembang. Berikut adalah benda-benda yang rawan berkembangnya virus, seperti :

  • Ponsel

Setiap orang pasti memegang ponselnya setiap hari. Tanpa kita sadari, ponsel yang kita pegang sehari-hari mengandung virus yang jauh lebih banyak ketimbang virus di dalam kamar mandi. Itulah sebabnya, penting untuk membersihkan ponsel secara berkala atau rutin dengan menggunakan semprotan disinfektan khusus gadget atau menyemprotkan cairan alkohol.

  • Dompet

Uang merupakan salah satu bentuk pembayaran yang sah yang selalu berputar dari satu orang ke orang lainnya. Ketika kita memegang uang, tentunya kuman dan bakteri dari orang lain akan berpindah. Dompet pun ikut menjadi media untuk virus berkembang. Di masa pandemi saat ini, hindarilah penggunakan uang tunai untuk mencegah terjadinya penularan virus. Gunakan uang elektronik untuk sementara sebagai metode pembayaran. Sarung tangan plastik juga bisa menjadi salah satu solusinya.

  • Keran dan Gagang Pintu Air

Keran dan gagang pintu merupakan hal yang akan kita pegang pertama kali. Tentunya, virus pada tangan berpindah media pada keran atau gagang pintu, dan akan terus berulang. Untuk itu, pastikan untuk menyemprotkan keran dan gagang pintu dengan cairan disinfektan secara rutin.

Selain ketiga hal diatas, area-area berikut ini juga merupakan yang paling kotor yang tersentuh oleh banyak tangan, seperti pencetan pembuangan pada toilet, sakelar lampu, mesin ATM, meja makan umum, tombol karcis pada mesin karcis. Pembersihan umum, bisa dilakukan dengan menyemprotkan disinfektan. Perlu juga diperhatikan, bahwa tidak semua area dapat disemprotkan dengan disinfektan, karena jika area tersebut sangat terkontaminasi, justru akan membuat virus menyebar ke udara. Opsi lainnya dengan menuangkan cairan disinfektan pada lap basah dan memoleskannya pada area tersebut.

Setelah mengetahui informasi ini, jangan lupa untuk membersihkan sudut dan area rumahmu yang sering tersentuh oleh tangan seperti poin-poin yang telah disebutkan. Hal ini bisa membantu meminimalisir penyebaran virus.  

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: