Zat Antioksidan Pada Temulawak Dapat Mencegah Pertumbuhan Kanker

Scroll down to content

Curcuma Zanthorrhiza merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Curcuma Zanthorrhiza atau lebih dikenal dengan temulawak ini merupakan tumbuhan yang sering dijadikan sebagai jamu, selain jahe dan kunyit. Temulawak dikenal berkhasiat untuk meningkatkan nafsu bahkan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat dari temulawak :

  • Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan

Temulawak dapat merangsang produksi cairan di dalam kantong empedu. Tentunya hal ini berkaitan langsung dengan kesehatan pencernaan serta meningkatkan metabolisme makan di dalam tubuh. Temulawak juga dipercaya mampu menyembuhkan perut kembung, pencernaan tidak lancar. Untuk orang yang memiliki anak yang susah makan atau susah bertambah berat badan, mungkin temulawak bisa menjadi solusi.

  • Mampu Mengatasi Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan suatu jenis penyakit sendi seperti kaku dan sulit digerakkan.  Mengonsumsi temulawak dapat meredakan rasa sakit dan nyeri pada sendi. Daripada sibuk mengkonsumsi obat-obatan atau antibiotik lain, konsumsi temulawak secara rutin akan memberikan efek berbeda pada tubuh.

  • Menjadi Sumber Senyawa Anti Bakteri dan Jamur

Temulawak ternyata juga memiliki kandungan anti bakteri yang ampuh untuk membasmi bakteri berbahaya, seperti salmonella dan staphylococcus. Tidak hanya itu, tanaman ini juga mengandung senyawa anti jamur yang mampu menghilangkan jamur golongan dermatofita. Jadi, risiko penyakit muncul akibat infeksi bakteri dan jamur tersebut pada tubuh akan semakin kecil terjadi. 

  • Menyembuhkan dan Mengurangi Risiko Munculnya Jerawat

Timbulnya jerawat pada wajah dapat membuat penampilan seseorang menjadi kurang maksimal. Jerawat juga biasanya meninggalkan bekas pada wajah setelahnya. Nah, untuk kaum hawa yang wajahnya rentan berjerawat, disarankan untuk rutin mengonsumsi temulawak. Temulawak bersifat astringent, yang berarti dapat mengurangi minyak diproduksi pada wajah melalui kelenjarnya.  Tidak hanya itu, tanaman ini juga mengandung antiseptik yang mampu membuat kulit nampak lebih bersih dan terhindar dari bakteri yang dapat memicu munculnya jerawat. Jadi, tidak hanya menyembuhkan, temulawak juga dapat memberi khasiat untuk mencegah jerawat muncul kembali. 

  • Menjaga¬†Kesehatan Hati

Temulawak memiliki khasiat untuk menjaga hati dari serangan hepatotoksik, seperti acetaminophen dan karbon tetraklorida. Hepatotoksik adalah senyawa kimia yang dapat menyebabkan masalah atau efek buruk pada organ hati. Jadi, dengan mengonsumsi bahan alami seperti temulawak, kesehatan organ tubuh Anda dapat lebih terjaga dan kebal dari serangan penyakit. 

  • Mencegah Kanker

Temulawak mempunyai sifat antikanker, karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Zat antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas yang bisa memicu kanker. Jenis kanker yang diyakini bisa diobati dengan mengonsumsi temulawak, di antaranya kanker prostat, kanker usus, kanker payudara, dan lain sebagainya. Eits, jangan diartikan temulawak dapat menyembuhnya kanker yah. Temulawak lebih maksimal jika digunakan sebagai usaha pencegahan, dengan meminum ramuan atau jamu temulawak secara rutin.

Nah, Siapa yang belum pernah mengkonsumsi temulawak? Yuk cobain minuman jamu ini dan rasakan perbedaan pada tubuhmu jika mengkonsumsinya secara rutin dan teratur. Biasakan pola hidup sehat sejak dini.

sumber: diolah dari beberapa sumber lainnya

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: